CILEGON, SSC – Untuk mengantisipasi kelangkaan LPG 3 Kg menjelang Lebaran, Pertamina akan menambah pasokan di 8 Kota dan Kabupaten di Banten.

Penasehat DPC Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Banten, Rahmat, mengatakan, penambahan pasokan elpiji ini, sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan harian rumah tangga warga menjelang Lebaran.

“Untuk penambahan sendiri sekitar 10-20 persen tabung dari hari biasanya. Penambahan kauta ini, upaya Pertamina dalam mencegah terjadinya kelangkaan tabung elpiji,” kata Rahmat saat dihubungi Selatsunda.com melalui sambungan telepone selurernya, Minggu (20/5/2018)

Ia menjelaskan, pada 2018 ini, Hiswanamigas mengajukan usulan kuota gas LPG 3 kg sebanyak 208.217 tabung, dengan adanya penambahan 20 persen total elpiji menjadi 416.434 tabung elpiji.

“Meski kuotanya naik, kami (Hiswanamigas) minta warga ekonomi mampu dan kalangan ASN (aparatur sipil negara) untuk tidak menggunakan gas LPG 3 kg. Sebab gas LPG bersubsidi tersebut diperuntukan bagi warga miskin dan pelaku usaha kecil,” jelas Rahmat.

Agar elpiji tepat sasaran, lanjut Rahmat, Ia mengajak para pelaku usaha menengah ke atas untuk menggunakan gas LPG non subsidi. Langkah ini dilakukan agar penyaluran gas LPG 3 kg tepat disalurkan kepada warga kurang mampu.

“Kita sih berharap, pemerintah bisa ikut mengawasi dan memperketat pergunakan tabung elpiji agar tepat sasaran,” lanjutnya seraya memaparkan, pada 2017 realisasi penyaluran elpiji 3 kg pada 2017 telah mencapai 304148 tabung.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Cilegon, Tb Dikrie Maulawardhana mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina dan Hiswana Migas untuk mencari solusi kelangkaan tersebut.

“Dari hasil pertemuan Pemkot Cilegon dengan Pertamina dan Hiswanamigas, Kota Cilegon menerima penambahan kuota sekitar 12.837 tabung. Kita (Disperindag) akan terus berkoordinasi dengan pihak Pertamina dan Hiswanamigas agar tidak terjadi kelangkaan tabung elpiji,” ucapnya. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here