Suasana kapal saat sandar dan labuh di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengoperasikan 7 dermaga di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon menghadapi angkutan perayaan Idul Adha 1441 Hijiriah. Pengoperasian dermaga ini sebagai upaya untuk mengatasi lonjakan penumpang.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak, Hasan Lessy mengatakan, pihaknya dalam mencegah lonjakan penumpang saat Idul Adha mengoperasikan 1 dermaga eksektif dan 6 dermaga reguler. Untuk dermaga 4 yang saat ini masih tahap perbaikan, bilamana knmdisi penumpang melonjak maka akan dioperasikan.

“Sebelumnya kan dermaga 4 masih dalam proses perbaikan. Apabila terjadi lonjakan penumpang otomatis dermaga 4 kita operasionalkan. Tapi jika tidak ada lonjakan penumpang, maka 6 dermaga saja yang kita operasionalkan untuk mengangkut penumpang ini,” kata Hasan Lessy kepada Selatsunda.com usai rapat persiapan Idul Adha dengan Korlantas Mabes Polri dan Polda Banten di Aula Rapat PT ASDP Merak, Senin (27/7/2020).

Baca juga  Pelantikan Sekda Kota Serang Tunggu Persetujuan KASN

GM menambahkan, tiga skenario yang dilakukan oleh ASDP Merak dalam menghadapi Idul Adha ini, yakni, skenario normal, skenario padat (menggunakan kapal-kapal besar) dan skenario sangat padat (ada penambahan 4 kapal).

“Kita akan melihat kondisi pelabuhan jelang Idul Adha. Kalau biasanya kapal yang beroperasi hanya 30 kapal yang beroperasi. Sedangkan jika kondisi pelabuhan padat maka akan ada 4 kapal lagi yang kita tambah. Jadi total yang beroperasi di Idul Adha sebanyak 34 kapal. Kapal bongkar muat berangkat bongkar muat berangkat. Jadi enggak ada lagi kapal yang berhenti lama,” tambah Hasan.

Hasan Lessy tak menampik jika angkutan Idul Adha tahum ini dipastikan terjadi lonjakan penumpang mengingat Idul Fitri 2020 kemarin, penumpang dilarang untuk mudik lebaran.

Baca juga  Teken MoU, Kejari Cilegon Kawal Kredit Macet Milik BJB

“Pasti ada lonjakan di Idul Adha ini. Untuk berapa persen kenaikanya, nanti akan terlihat di H-3 Idul Adha dan H+3 usai Idul Adha,” pungkasnya. (Ully/Red)