CILEGON, SSC – Direktorat Sistem Komunikasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiapkan posko penyelematan di Dermaga VI Pelabuhan Merak, Banten. Posko yang didirikan mulai dari hari kedelapan sebelum (H-8) hingga hari kedelapan sesudah (H+8) Lebaran itu disediakan untuk mengantiapasi pemudik yang mengalami kecelakaan di lintasan Pelabuhan Merak – Bakauheni.

Koordintator Komunikasi Posko Merak pada Kantor Basarnas Pusat, Bhamaditya Krisna mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 11 petugas untuk antisipasi arus mudik di Pelabuhan Merak. Diantaranya, 2 personil dari Kantor Basarnas Banten, 6 personil dari Basarnas Spesial Grup (BSG) dan 3 personil dari Tim Direktorat Sistem Komunikasi Basarnas.

“Total personil yang kita kerahkan untuk bertugas melakukan pengamanan di arus mudik tahun ini ada sebanyak 11 personil. Personil ini untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik,” kata Bhamaditya di Pelabuhan Merak ASDP, Sabtu (9/6/2018).

Ia mengaku, semua personil juga akan dilengkapi peralatan penyelamatan. Hal itu untuk mendukung personil ketika bertugas dilapangan.

“Semua sudah kita persiapkan untuk arus mudik tahun ini. Apabila ada kecelakaan kendaraan maupun terjebak dari kecelakaan itu, kita sudah prepare semuanya,” ujarnya.

Sejak hari ketujuh (H-7) hingga hari keenam (H-6) sebelum Lebaran, Basarnas mencatat beberapa kejadian yang menimpa pemudik. Kebanyakan pemudik jatuh pingsan berdesak-desakan saat masuk ke dalam kapal.

“Kalau dilihat dari malam tadi, sudah ada beberapa penumpang khususnya di Dermaga III ini pingsan karena adanya penumpukan penumpang yang hendak masuk ke kapal. Itu juga yang kita lakukan untuk menghindari adanya kejadian yang dialami oleh penumpang,” kata Bhamaditya. (Ully/red)

Komnetar anda tentang berita diatas?