CILEGON, SSC – Pemerintah Provinsi Banten memasang 93 unit Closed Circuit Television (CCTV) untuk memantau situasi arus mudik Lebaran tahun ini. CCTV itu dipasang di berbagai titik rawan kepadatan lalu lintas kendaraan baik di kota dan kabupaten di Banten termasuk di jalur mudik menuju Pelabuhan Merak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Herdi Jauhari mengatakan, CCTV itu akan terhubung langsung keruang kerja Gubernur Banten, Wahidin Halim. Jika terjadi kepadatan lalulintas kendaraan, orang nomor satu di Banten itu dapat mudah terjun langsung memantau lokasi.

“Pak Guburnur (Wahidin Halim) juga nanti bisa melihat kondisi arus mudik melalui CCTV yang langsung tersambung di ruang kerjanya. Bila memungkinkan kondisi arus mudik mengalami kepadatan dan hambatan, Pak Gubernur juga akan langsung meninjau secara langsung,” kata Herdi, Sabtu (9/6/2018).

Herdi menjelaskan, pemantauan lewat CCTV itu akan memberikan informasi kepada pemprov terkait situasi kepadatan lalulintas terutama pemudik yang menuju ke Pelabuhan Merak. Diantaranya  jalur kendaraan yang diantisipasi serius mulai dari Gerbang Tol Cikupa hingga Pelabuhan Merak.

“Nah, melalui Informasi dari CCTV petugas di Merak bisa segera melakukan rekayasa lalu lintas selama 1,5 jam. Karena perjalanan dari Cikupa sampai Merak memerlukan waktu sekitar 1,5 jam,” lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan tiga posko terpadu lebaran. Posko-posko yang disiapkan terdiri dari posko utama di Terminal Merak, posko Mercusuar Anyer dan Posko di Bandara Soekarno Hatta. Posko itu, lanjut Herdi, akan terhubung dengan CCTV dimana nantinya dapat mengetahui setiap gejala lalu lintas di setiap sudut. Dengan begitu langkah untuk melakukan rekayasa lalu lintas langsung diantisipasi.

“Bila dalam arus mudik terjadi kemacetan di daerah Cikupa, petugas bisa mempersiapkan rekayasa lalu lintas dengan segera di daerah kemacetan berikutnya, misalnya di Merak. Karena apabila di Cikupa mengalami kemacetan, Merak memiliki potensi yang besar mengalami kemacetan serupa, ” tandasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here