Ketua Partai Berkarya Banten, Helldy Agustian (paling kiri), Tiga Caleg terpilih, Dimas Saputra, Sabihis dan Buhaiti memberikan keterangan kepada media usai buka puasa bersama, Rabu (29/5/2019). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Partai Berkarya Kota Cilegon tidak ngotot untuk menduduki kursi unsur pimpinan DPRD setelah optimis meloloskan 4 calon legislatifnya duduk sebagai anggota dewan. Lewat lobi-lobi politik yang dilakukan saat ini, Partai besutan Tommy Soeharto itu mulai membidik kursi ketua komisi.

Untuk diketahui, dari hasil rekapitulasi suara partai politik pada pileg 2019, Berkarya berada di posisi kelima dengan perolehan 4 kursi. Berkarya mendapat jatah kursi yang sama dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan PDIP.

Perolehan suara PKS dan PAN berada diatas Berkarya atau ada di posisi ketiga dan keempat, sementara PDIP di posisi keenam dibawah Berkarya.

Otomatis, Kursi pimpinan dewan nantinya akan ditempati oleh Partai Golkar sebagai Parpol suara terbanyak. Diikuti oleh Gerindra yang akan menempati kursi Wakil Ketua I sebagai parpol suara terbanyak kedua.

“Kalau posisi wakil ketua (DPRD) kan, sudah ada aturannya. Itu suara terbanyak. Jadi kursi terbanyak dulu baru suara terbanyak,” ujar Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Banten, Helldy Agustian usai buka puasa bersama di Gedung Creative Cilegon Center, Lingkungan Kadipaten, Kota Cilegon, Rabu (29/5/2019).

Empat parpol baik PKS, PAN, Berkarya dan PDIP mendapat jatah kursi yang sama yakni 4 kursi. Kemungkinan besar secara aturan, kata Helldy, PKS akan mengisi kursi Wakil Ketua II.

Ia mengaku cukup tahu diri untuk tidak mengisi kursi unsur pimpinan dewan. Namun saat ini, lobi telah dilakukan oleh DPD untuk mengisi kursi ketua komisi nantinya.

“Jadi diantara beberapa partai yang kursinya 4, PKS yang terbanyak. Jadi PKS yang akan mengisi,” terangnya.

“Kita akan kejar di komisinya. Tugas pak Haji Sabihis (Ketua DPD Berkarya Cilegon) untuk melakukan pendekatan dengan partai lainnya,” sambung dia.

Sementara itu, Ketua DPD Berkarya Cilegon, Sabihis mengaku telah melobi PKS soal ancang-ancang mengisi kursi ketua maupun anggota komisi. Sekalipun belum ada ketuk palu berapa komisi yang akan terbentuk, Ketua sekaligus Caleg terpilih dari Dapil Citangkil-Ciwandan ini intens melobi termasuk akan mendekati parpol lainnya.

“Jadi yang sudah dalam pendekatan, bari PKS. Kita kan intens terus, selain ini juga dengan partai lain. Insya Allah setelah Lebaran kita lobi dengan partai yang lain juga,” pungkasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?