SERANG, SSC – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten pada Kementerian Perhubungan melakukan pengujian kelaikan atau ramp check sejumlah Bus Pariwisata yang ada  di tempat wisata religi Makam Syekh Sultan Maulana Hasunuddin, Kota Serang, Banten, Sabtu (29/6/2024). Ramp check Bus Pariwisata dilakukan untuk memastikan kelaikan fisik dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Melalui kegiatan ini, BPTD Kelas II Banten berkomitmen untuk mengawasi dan memastikan bahwa kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk kepentingan pariwisata memenuhi standar keamanan dan kelaikan yang ditetapkan,” ungkap Kepala BPTD Kelas II Banten, Eko Indra Yanto.

Pada pelaksanaan kegiatan ramp check tersebut, kata Eko, penguji kendaraan bermotor melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi bus pariwisata untuk memastikan kelaikan jalan. Lalu juga memverifikasi dokumen perizinan yang relevan sesuai dengan aturan.

Baca juga  Pengurus DPW ISAA Banten 2024-2028 Dilantik, Ini yang Disampaikan Ketum DPP Aris

“Selain itu, sosialisasi kepada pengemudi juga terus ditingkatkan untuk memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan yang memadai dalam mengoperasikan kendaraan dengan aman,” ujar Eko.

Eko menerangkan, ada sebanyak 9 Kendaraan Bus yang dilakukan ramp chek. Dari 9 Kendaraan Bus, 6 Kendaraan diantaranya dinyatakan laik jalan dan 3 kendaraan dinyatakan tidak laik jalan.

“Kendaraan yang tidak laik jalan dengan keterangan 1 Kendaraan Penyimpangan Trayek, dan 2 Kendaraan dokumen tidak ada KPS atau tidak bisa menunjukan bukti pengajuan KPS ke Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Eko mengungkapkan, kegiatan ramp check ini akan terus rutin dilakukan di area wisata yang berada di kawasan Provinsi Banten. Baik saat libur akhir pekan dan libur peringatan hari-hari besar. (Ronald/Red)