Bacalon Bupati Pandeglang dari PKB-PPP, Thoni Fatoni Mukson. (Foto Dokumentasi)

SERANG, SSC – Bakal Calon Bupati Pandeglang dari PKB-PPP, Thoni Fathoni Mukson baru saja mendapat tugas dari Partai Gerindra untuk mencari calon pendampingnya. Thoni yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Pandeglang ini langsung tancap gas melakukan konsolidasi di internal partainya mencari bacalon wakil bupati yang akan dipinangnya.

“Saya baru saja rapat dengan jajaran DPC, saya juga laporan ke Ketua DPW PKB (Ahmad Fauzi). Yang jelas, langkah saya ini terketahui DPC dan DPW PKB Banten,” ungkap Thoni dikonfirmasi, Rabu (29/7/2020).

Setelah melakukan pertemuan dengan internal, kata Thoni, partainya juga sudah mulai merekrut Lembaga Survei untuk menganalisa para calon pendampingnya. Menurutnya lembaga survei menjadi salah satu cara mengukur elektabilitas dan popularitas bacalon.

“Perhari ini, lembaga survei melakukan presentasi,” terangnya.

Soal pendampingnya, Thoni sudah melakukan komunikasi terhadap sejumlah sosok. Nama-nama seperti Bacalon Mulyadi, kader Nasdem, Pujiuanto, kader Periondo, Aap Aptadi telah didekatinya baik sebelum mendapat tugas dari Gerindra.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

“Semua itu potensi, semua betpeluang,” paparnya.

“Insya Allah, semua sudah ketemu. Jauh sebelum surat dikasih, kita sudah ketemu. insya Allah, setelah ini ketemu semua lagi,” sambung dia.

Baginya, sosok pendamping harus memiliki konsep perubahan yang sama. Pendamping juga harus satu konsep memperbaiki daerah dan memberi manfaat besar kepada masyarakat Kabupaten Pandeglang. Mukson juga tidak menampik memilih sosok yang secara hitung-hitungan memiliki kekuatan basis suara besar di Pandeglang.

“Itu artinya kekuatan basis sangat berpengaruh. Kalau saya di angka lima, pasangan juga harus diangka lima. Itu harus perkalian menjadi 25. Bukan ditambah, bukan menjadi 10,” ungkapnya seraya mengilustrasikan basis suara.

Sementara, Ketua DPD Partai Gerindra Banten, Desmond J Mahesa membenarkan telah memberikan penugasan kepada Thoni Mukson mencari pendamping.

Ia tak menampik sebelum memberi tugas kepada Thoni juga bertemu Bacalon Bupati Pandeglang Petahana, Irna Narulita. Desmond mengaku bertemu Irna di kediamannya karena suami Irna yakni Dimyati Natakusumah adalah rekannya satu komisi di DPR RI. Pertemuan juga sebatas silaturahmi dan makang siang.

Baca juga  Warga Kepuh Keluhkan Hujan Debu Batubara dari Pabrik Industri

Tetapi, Desmond pada pertemuan itu menyampaikan bahwa pendukung Gerindra dan tokoh ulama di Pandeglang mengharapkan pemimpin baru.

“Sampai hari ini, Gerindra di Pandeglang dan ulama di Pandeglang mengharapkan tidak mengusung pimpinannya perempuan. Saya jelaskan itu juga. Kecuali nggak ada lagi yang didukung,” paparnya.

Soal penugasan kepada Thoni, menurutnya hal itu adalah hal yang biasa dalam perpolitikan. Penugasan diberikan untuk memberi ruang keseriusan Thoni Mukson mancari pendampingnya. Menurut Desmond, PKB dan PPP sudah mendukung Thoni Mukson. Tinggal menunggu keseriusan bacalon mencari sosok pendampingnya.

“Dia sanggup nggak ditugasin dari tanggal sekian sampai tanggal sekian, untuk mencari pasangannya. Pasanganya belum jelas. Partainya sudah jelas. Ada PKB, ada PPP,” pungkasnya. (Ronald/Red)