Polres Serang Kabupaten. (Foto Dokumentasi Ronald)

SERANG, SSC – Polres Serang sudah melakukan berbagai persiapan dalam mengantisipasi pengamanan saat pelaksanaan debat publik perdana Pilkada Kabupaten Serang. Rencananya debat publik dua paslon bupati dan wakil bupati Serang nomor urut 1 dan nomor urut 2 akan disiarkan di salah satu stasiun televisi nasional, Besok, Rabu, (18/11/2020).

Kapolres Serang, AKBP Mariyono mengatakan, personel yang dikerahkan akan dibagi menjadi dua bagian dalam pengamanan pelaksanaaan debat publik. Pertama, personel dikerahkan untuk mengamankan paslon saat menuju lokasi debat di Jakarta. Sementara di Kabupaten Serang, lanjutnya, polres akan melakukan patroli wilayah mengantisipasi kegiatan nonton bareng massa pendukung paslon.

“Untuk pengamanan di Jakarta, itu hanya
saat pengamanan pasangan calon berangkat. Untuk di Serang, kita melaksanakan kegiatan patroli dan pengamanan kantong-kantong dari masing-masing pendukung,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa (17/11/2020).

Baca juga  Selama Corona, Satpol PP Cilegon Angkut 1.800 Miras Berbagai Merek

Sejauh ini, kata Kapolres, pihaknya belum mendapat laporan dari masing-masing paslon mengadakan nonton bareng debat publik. Ia mengimbau, agar massa pendukung masing-masing paslon dapat menonton debat publik dari rumah.

“Kami mengimbau, pendukung menonton di rumah masing-masing supaua mengrtahui visi misi paslon,” imbaunya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin mengatakan, debat publik Pilkada Kabupaten Serang akan digelar tiga kali. Untuk debat perdana akan disiarkan di Stasiun Inews TV, Esok hari pukul 19.00 WIB. Sementara sesi berikutnya akan disiarkan di Jawa pos TV pada 25 November dan terakhir di Kompas TV tanggal 2 Desember.

Ia menyatakan, terkait pihak yang hadir dalam debat publik tersebut dibatasi sesuai protokol Kesehatan Covid-19. Untuk yang diperbolehkan hadir hanya paslon 2 orang, tim pendukung masing-masing 4 orang, KPU Kabupaten Serang 5 orang, Bawaslu 2 Orang, Panelis dan moderator.

Baca juga  Selama Corona, Satpol PP Cilegon Angkut 1.800 Miras Berbagai Merek

Mengenai massa pendukung, kata Abidin, KPU telah menyampaikan kepada Leison Officer (LO) masing-masing paslon agar tidak membawa massa ke lokasi. Pihaknya mengimbau agar pendukung paslon dapat menonton di rumah.

“Kita sudah rakor dengan LO, tidak perlu membawa pendukung karena sudah kita batasi. Karena sudah diatur dalam Per KPU 13 Tahun 2020. Kita imbau sebaiknya massa pendukung menonton dirumah saja,” harapnya.

Diketahui, Pilkada Kabupaten Serang diikuti dua paslon bupati dan wakil bupati Serang. Paslon nomor urut 1 yakni, Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa. Sementara paslon nomor urut 2, Nasrul Umum dan Eki Baihaki. (Ronald/Red)