Simulasi sekolah tatap muka digelar di salah satu SD Negeri di Kota Serang. Foto Dokumentasi

SERANG, SSC – Pemerintah Kota Serang berencana mulai membuka sekolah tatap muka. Rencananya, tatap muka ini akan dikhususkan kepada siswa yang duduk di kelas 6 SD dan kelas 9 SMP mengingat kedua tingkatan tersebut harus mengikuti ujian sekolah atau assessment.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, Wasis Dewanto mengatakan, rencana dibukanya sekolah tatap muka didasari atas hasil diskusi yang dilakukan pihaknya dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) serta para pengawas sekolah.

“Mereka sedang membuat formulasi jadi artinya jangan sampai anak-anak dan orang tua tidak punya treatmentnya,” kata Wasis Dewanto di konfirmasi melalui sambungan telepon, Selasa (17/11/2020).

Ia menyatakan, para siswa jika pelaksanaan sekolah tatap muka nanti dibuka harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat. Hal ini dilakukan guna menekan angka persebaran Covid-19.

Baca juga  Penjabat Sekda Nanang Yakin Pendistribusian Vaksin Covid-19 di Serang Aman

Meski baru rencana, lanjutnya, namun hal itu sedang dalam pembahasan termasuk memohon persetujuan dari pimpinan kepala daerah Kota Serang. Hal itu pun akan dilaksanakan seiring pula dengan pertimbangan pertimbangan status sebaran Covid-19 Kota Serang dari orange menjadi kuning.

“Iya, kita tunggu perkembangan, kalau zona tidak kuning-kuning langkahnya seperti apa, strateginya,” paparnya.

Di lokasi berbeda, Walikota Serang Syafrudin membenarkan rencana Dindikbud membuka pembelajaran tatap muka bagi siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. Namun pihaknya masih akan menunggu kebijakan pemerintah pusat akan hal itu.

“Melihat kondisi di Kota Serang tetapi mungkin akan menunggu izin dari pusat (Kemendikbud),” tuturnya.

Menurut Syafrudin, para siswa dalam rencana tatap muka yang akan digelar masuk setiap hari seperti sekolah biasanya. Namun kehadiran saat pandemi Covid-19 ini dibatasi dan bergantian. Di mana setiap kelas akan dibagi menjadi dua sesi secara bergantian.

Baca juga  Dinas Sosial Kota Serang Kebingungan Tangani Orang Gila

“Iya setiap hari, jadi nanti dua sesi seperti kemarin,” tandasnya. (SSC-03/Red)