Desa Tanjung Manis yang berada di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang menerima bantuan CSR Sumur Bor dari PT Asahimas Chemical, Senin (28/8/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Warga Desa Tanjung Manis, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang menerima bantuan Sumur Bor dari PT Asahimas Chemical. Pemberian bantuan yang merupakan Corporate Responsibility Sosial (CSR) perusahaan guna memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat sekitar dan menunjang pertanian.

Prosesi pemberian bantuan dilaksanakan di Kampung Pematang, Desa Tanjung Manis, Senin (28/8/2023). Kegiatan dihadiri oleh Administration Deputy Director PT Asahimas Chemical, M Chanief Yuniatmoko, Kepala Desa Tanjung Manis, Agus Fauzi dan Camat Anyer, Imron Ruhyadi. Pada prosesi tersebut juga dilaksanakan penandatangan berita acara serah terima bantuan.

Administration Deputy Director PT Asahimas Chemical, M Chanief Yuniatmoko mengatakan, bantuan sumur bor yang diberikan di Desa Tanjung Manis merupakan titik keempat yang dilaksanakan perusahaan. Setelah sebelumnya telah menjalankan program yang sama di Kosambi Ronyok, Cianjur dan Cikerai, Kota Cilegon.

“Kali ini kita memberikan bantuan sarana air bersih dari sumur pompa sampai distribusi pipa ke masyarakat. Ini adalah keempat dalam dua tahun kita berikan ke masyarakat sekitar Cilegon dan Serang. Yang pertama di Kosambi Ronyok, Lokasi gempa Cianjur, Cikerai, Cilegon dan Tanjung Manis,” ungkapnya.

Pemberian bantuan ini, kata Yuniatmoko dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Bantuan juga diberikan sekaligus mendistribusikan pipa PVC yang merupakan hasil produksi perusahaan.

Baca juga  Pansus Raperda RPJPD Bedah Total Pembangunan Kota Cilegon di 2025-2045

“Yang jelas air itu kebutuhan dasar masyarakat. Kedua distribusi air itu umumnya menggunakan pipa PVC. Di mana pipa PVC adalah produk utama perusahaan kami, ini bagaimana produk kita bermanfaat bagi masyarakat. Karena air dibutuhkan selamanya,” paparnya.

Pihknya berharap pemberian bantuan yang digelar juga dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-34 PT Asahimas Chemical dapat terus berkelanjutan.

“Mudah-mudahan akan berlanjut ke program-program lain yang tentu saja yang benar- benar dibutuhkan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Manis, Agus Fauzi mengaku bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT Asahimas Chemical. Menurutnya bantuan yang diberikan sangat luar biasa karena dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Saya selaku Kepala Desa bersyukur kepada Asahaimas yang telah memberikan bantuan sumur bor. Saya kira bantuan ini luar biasa, sangat dibutuhkan Desa Tanjung Manis tentunya bagi kelompok tani. Saya sebagai Kepala Desa, karena wilayah kita wilayah pertanian, PT Asahimas ini luar biasa terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Baca juga  Kisah Pelajar Cilegon, Bayu Bakhtiar Sukses Raup Omset Puluhan Juta, Ini Bisnisnya

Agus mengatakan, sumur bor selain berguna untuk pertanian juga akan memenuhi kebutuhan air masyarakat. Sedikitnya ada 25 rumah yang akan dialiri air dari sumur bor tersebut.

“Untuk sementara ini untuk 25 rumah,” paparnya.

Ia menambahkan, selama ini PT Asahimas Chemical selain memberi bantuan Sumur Bor juga telah membantu dalam menyerap tenaga kerja.

“Selain sumur bor ini, Asahimas juga sudah membantu penyerapan tenaga kerja. Warga Anyer banyak yang bekerja di Asahimas,” sambungnya.

Pihaknya berharap, program ini dapat terus berkelanjutan ke program lainnya. Terutama untuk program seperti pengembangan sektor pertanian masyarakat Tanjung Manis.

“Kita juga akan menjalankan pertanian dengan keompok tani, dan isnya Allah Asahimas akan bantu,” terangnya.

Sementara itu, Camat Anyer, Imron Ruhyadi turut menyampaikan terimakasih kepada PT Asahimas Chemical karena telah membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Insya Allah ini akan bermanfaat sekali untuk masyarakat sekitar untuk menunjang pertanian. Harapannya mudah-mudahan kedepan bukan hanya PT Asahimas, tetap pelaku usaha lain berpatisipasi dalam memberikan bantuan CSR kepada masyarakat,” pungkasnya. (Ronald/Red)