Truk pengangkut cairan kimia terguling di pintu keluar salah satu SPBU, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Senin (23/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Diduga karena rem blong, sebuah truk pengangkut cairan kimia terguling di pintu keluar salah satu SPBU, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Senin (23/11/2020). Truk setelah terguling juga diketahui menabrak angkot yang terparkir di SPBU. Akibat kejadian tersebut, muatan truk tumpah ke jalan.

Informasi yang berhasil dihimpun Selatsunda.com, kecelakaan lalu lintas ini terjadi pada pukul 11.30 WIB. Truk bernomor plat B 9329 BFU yang membawa muatan kimia Vinylacetate Monomer dengan berat sekitar 18  ton ini melaju dari arah Merak menuju ke arah perempatan lampu merah SPIJ.

Salah satu saksi mata, Adi mengatakan, saat itu truk terlihat melaju kencang. Sesaat sebelum sampai perempatan, truk diduga mengalami rem blong dan oleng sehingga sang sopir membanting stir ke arah pintu keluar SPBU. Truk kemudian terguling dan menabrak angkot bernomor plat A 1961 UV yang terparkir di lokasi. Akibat kejadian itu, muatan carian kimia di tangki truk tumpah ke jalan.

Baca juga  Pengunjung Transmart Hanya 1 Jam

“Bawanya cukup kencang tadi sopirnya bawa. Karena remnya blong, langsung sopir banting stir dan langsung menabrak angkot yang tengah di parkir di SPBU. Dan langsung, muatan cairan kimia tumpah ke jalan. Kalau sopir angkotnya lagi gak ada di dalam katanya lagi beli obat,” kata Adi kepada awak media ditemui di lokasi.

Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman S membenarkan kejadian kecelakaan truk cairan kimia terguling di SPBU Grogol. Sejauh ini di lapangan, pihaknya menurunkan crane untuk mempercepat evaluasi.

“Setelah kita tanyakan ke driver, truk membawa bahan kimia Vinylacetate Monomer dengan berat 18.340.00 kilogram. Cairan ini mudah terbakar. Saat ini kendaraan tersebut tengah kami evakuasi dengan menggunakan crane untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan,” jelas Ali.

Baca juga  Hujan Lebat Diprediksi Terjadi di Banten Hingga Akhir Januari 2021, Warga Diminta Waspada

Dalam insiden kecelakaan ini, tidak ada korban jiwa. Sang sopir truk dalam insiden hanya mengalami luka ringan. Saat ini, Satlantas Polres Cilegon tengah melakukan pengembangan atas kasus tersebut. (Ully/Red)