CILEGON, SSC – Peserta Diklat dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) melakukan praktik kerja lapangan ke Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Senin (4/9/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Unit Satuan Penjamin Mutu BP2TL, I Kristianto Agung berserta jajaran dari BP2TL Jakarta dengan perserta Diklat sebanyak 28 Orang dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) seluruh Indonesia.

Kegiatan BP2TL di Pelabuhan Ciwandan ini  disambut oleh General Manager Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto beserta jajarannya dan dari Sub Holding PT Pelindo Jasa Maritim selaku Deputy Manager Unit Banten Setya Dwi Wahyudi.

Diketahui, kegiatan diklat ini merupakan pemenuhan pengetahuan dalam pengawas pemanduan sesuai dengan dasar Surat Keputusan Kepala BP2TL Jakarta Nomor : KP-BP2TL 4 Tahun 2023 tanggal 2 Januari 2023 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional dan Kepelautan, Seleksi, Orientasi dan Evaluasi/Vakasi pada Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut Jakarta Tahun Anggaran 2023.

Kepala Unit Satuan Penjamin Mutu BP2TL, I Kristianto Agung dalam sambutannya mengatakan, kegiatan diklat untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Sumber Daya Manusia pelaksana pengawas pemanduan pada pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia.

“Pelabuhan Banten dipilih karena merupakan Pelabuhan yang memiliki jumlah Terminal atau jetty yang cukup banyak berdasarkan kunjungan kapal yang dilayani untuk kegiatan pemanduan dan penundaan” kata Kristianto.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan perkenalan dan pemaparan oleh General Manager Pelindo Regional 2 Banten Agung Fitrianto. Di situ, GM Agung memberikan informasi tentang profil Pelabuhan Banten, Wilayah perairan wajib Pandu, BUP dan TUKS yang beroperasi di Pelabuhan Banten serta jumlah kunjungan kapal di Pelabuhan Banten.

“Kami sangat berterima kasih dengan BP2TL sudah dikunjungi oleh peserta Diklat dan berharap dapat memberikan nilai tambah atau pengalaman bagi para peserta untuk pengembangan terhadap fungsi pengawas pemanduan pada pelabuhan-pelabuhan di seluruh Indonesia setelah dari Pelabuhan Ciwandan ini” Ujar Agung Fitrianto.

Selain perkenalan dan pemaparan, peserta diklat diajak kebeberapa lokasi untuk kunjungan lapangan yang didampingi oleh Tim Operasional dari Pelindo Regional 2 Banten dan Tim Operasional dari Sub Holding PT Pelindo Jasa Maritim serta PT Jasa Armada Indonesia, Tbk. Diantaranya mengunjungi Command Center dan Stasiun Kepanduan di Pelabuhan Ciwandan. Perserta Diklat juga diajak berdiskusi terkait pengalaman dan aturan yang selama ini dijalankan di Pelabuhan serta tanya jawab kepada tim operasional dalam pelayanan kegiatan kapal dan barang. (Red)