Dinas Pendidikan Kota Cilegon melakukan seleksi calon kepala sekolah. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Dinas Pendidikan Kota menggelar seleksi calon kepala sekolah di Kota Cilegon. Seleksi dilakukan untuk mengisi jabatan kepala sekolah yang kosong karena telah masuk masa pensiun.

Kepala Dindik Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan, pihaknya telah mengusulkan 120 bakal calon Kepsek ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dilakukan seleksi. Dari jumlah tersebut, Kemendikbud melakukan dua kali penyaringan. Penyaringan pertama telah ditetapkan 100 bacalon kepsek. Selanjutnya dari jumlah tersebut disaring kembali dan telah ditetapkan 60 bacalon kepsek.

Untuk dinyatakan lulus tidaknya menjadi  kepsek, kata Ismatullah, keenam puluh calon tersebut harus mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) selama 3 hari yang digelar dari Jumat-Minggu (5-7/11/2021).

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

“Perjalanan 60 calon kepsek tidak sampai sini saja, mereka harus diwajibkan menjalankan diklat dan ujian selama 3 hari, pekan lalu. Untuk hasil ujian diklat, kami (Dindik Cilegon) juga masih menunggu dari Kemendikbud apakah 60 calon Kepsek ini lulus atau tidak menjadi Kepsek,” kata Ismatullah, Senin (7/11/2021).

Peserta Calon Kepsek mengikuti pendidikan dan pelatihan

Ismatullah menyatakan, seleksi calon kepala sekolah murni penilaian Kemendikbud.

“Saya pastikan mereka yang lolos diklat ini tidak ada rekayasa apapun. Ini murni Kemendikbud yang melakukan penilaian,” ungkapnya.

Selain untuk peningkatan kualitas pendidikan, kata Ismatullah, pihaknya mendorong calon kepsek untuk mengikuti seleksi agar jabatan kepsek yang selama ini kosong tidak diisi pejabat pelaksana tugas (Plt).

Setelah adanya seleksi, ia berharap, pengisian jabatan kepsek dapat dilakukan bertahap hingga 2023 mendatang.

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

“Maksudnya di sini, kita tidak ingin banyak-banyak Plt di bagian pendidikan. Pendidikan gak bisa di tunda-tunda. Jadi, ketika 60 ini dinyatakan lolos, maka pelantikan para calon kepsek ini bisa dilakukan secara bertahap setiap tahun 2021 hingga 2023 mendatang,” harapnya. (Red)