Kepala Dindik Kota Cilegon, Heni Anita Susila saag melakukan inpeksi mendadak (sidak) pendaftaran PPDB ke SMP 2 Kota Cilegon," Selasa (20/6/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon tak menampik jika pihaknya masih banyak menemukan masih menemukan banyak orang tua calon siswa yang kesulitan melakukan pendaftaran pada PPDB 2023.

Hal ini terungkap dalam inpeksi mendadak (sidak) Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Heni Anita Susila ke SMP 1, SMP 2 dan SMP 5 Kota Cilegon saat mengecek langsung pendaftaran PPDB 2023 pagi tadi.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, masih banyak orang tua atau calon peserta didik yang kesulitan dalam pendaftaran secara online.

“Bukan gaptek (gagap) teknologi sih yang kita temukan. Tapi, masih banyaknya informasi yang kurang diterima oleh orang tua bagaimana tata cara melakukan pendaftaran PPDB. Kami sendiri, sudah memberikan informasi melalui media sosial (Fb dan IG) tentang tata cara pendaftaran melaui jalur prestasi, tata cara mengalihkan dari pendaftaran melalui prstasi raporg ke jalur prestso non akademis,” kata Heni kepada awak media ditemui usai melakukan sidak ke SMP 2 Cilegon,” Selasa (20/6/2023).

Baca juga  Selama Lebaran, Volume Sampah di Cilegon Naik Hingga 15 Persen

Dijelaskan Heni, untuk jalur prestasi, perpindahan tugas orangtua, dan afirmasi. Pendaftaran berlangsung dari 19 Juni hingga 21 Juni 2023 mendatang.

Kata Heni, sebanyak tiga sekolah yang dipantau itu sudah ratusan siswa yang mendaftar. Rencananya pengumuman untuk tiga jalur ini akan dilakukan pada Jumat mendatang. Selanjutnya, akan dibuka pendaftaran PPDB untuk jalur zonasi.

Sementara untuk lulusan SD di Kota Cilegon mencapai 8.000 anak, sedangkan kapasitas SMP negeri hanya 4.000.

“Di Kota Cilegon ada 16 SMP negeri, 15 SMP negeri dan satu SMP Satu Atap,” pungkasnya. (Ully/red).