CILEGON, SSC – Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian, dan sejumlah Kepala Dinas Kota Cilegon dengan hangat menyambut kunjungan puluhan rombongan studi tiru dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan ke Pemerintah Kota Cilegon.

Kunjungan ini bertujuan untuk belajar tentang Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dimiliki oleh Kota Cilegon pada Selasa (20/6/2023).

Walikota Cilegon, Helldy Agustian mengaku sangat bangga dan bersyukur karena inovasi teknologi tepat guna yang dimiliki oleh Kota Cilegon kembali menjadi proyek percontohan bagi wilayah lain. Ia dengan tulus berbagi pengetahuan kepada seluruh rombongan yang hadir, termasuk Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Unda Ansori, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Drs Rahmadi, Camat se-Kabupaten Tapin, Kasi Perekonomian Kecamatan se-Kabupaten Tapin, dan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Piani.

“Alhamdulillahirobbilalamin, kami kembali kedatangan tamu, kali ini dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan,  yang dipimpin langsung oleh Pak Inspektorat Unda Ansori. Kami mengucapkan terima kasih karena mereka ingin berkunjung langsung ke posyamtek yang ada di Kota Cilegon. Ini adalah bukti bahwa pemerintah Kota Cilegon selalu melakukan inovasi, dan inovasi ini, Insya Allah, dapat menular ke kabupaten/kota lain di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tapin,” ujar Helldy.

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Unda Ansori, mengungkapkan bahwa tujuan kunjungannya bersama puluhan rombongan dari Kabupaten Tapin ke Kota Cilegon adalah untuk belajar sekaligus meminta masukan terkait teknologi tepat guna yang telah diraih oleh Kota Cilegon beberapa waktu lalu.

“Yang jelas, kami ingin meminta masukan dari Pemerintah Kota Cilegon terkait teknologi tepat guna yang telah diraih oleh Kota Cilegon saat di Bandar Lampung kemarin. Hal ini dapat menular dan akan kami terapkan di wilayah kami,” kata Unda Ansori, yang berasal dari Menes, Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tapin, Drs Rahmadi, menambahkan bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk belajar dan memperluas wawasan dirinya dan masyarakat Kabupaten Tapin dalam mengelola Posyantek agar dapat menghasilkan inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat.

Baca juga  HUT Kota Cilegon ke-25 Bakal Meriah, Akan ada Band Ibu Kota Jamrud di Hari Puncak

“Saya sangat bersyukur atas kunjungan kerja kami yang sangat diterima oleh Pemerintah Kota Cilegon. Kami ingin belajar bagaimana mengelola Posyantek yang kami miliki agar dapat menghasilkan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga ingin memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada sesuai dengan lingkungan masing-masing. Ketika wawasan kami terbuka, kami yakin akan muncul inovasi dan teknologi baru dari pemerintah, baik itu dalam sosialisasi, pemberian modal, maupun bantuan. Ini akan mempercepat proses inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna di daerah kami,” pungkas Rahmadi.

Dengan kunjungan rombongan studi tiru ini, Kota Cilegon semakin diakui sebagai pusat inovasi teknologi tepat guna yang dapat memberikan manfaat bagi wilayah lain di Indonesia. Pemerintah Kota Cilegon berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi ini dan mendukung penerapannya di daerah lain guna kemajuan dan kesejahteraan bersama. (ADV)