Duta lingkungan di Kota Cilegon membersihkan sampah. Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon, mengangkat tiga orang duta lingkungan. Mereka diangkat guna membantu pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (LH) Cilegon dalam mengatasi sampah yang ada di kali Pasar Kranggot.

“Awalnya memang, saat di Juli 2022 waktu pertama saya ditunjuk Pak Walikota Cilegon (Helldy Agustian) sebagai Plt Kadis LH, kami mengadakan gerakan bersih-bersih di Pasar Kranggot. Kebetulan, saat kami melakukan bersih-bersih ini, ada warga sekitar di Kranggot yang menawarkan diri untuk membantu kami (DLH) Cilegon untuk menjaga kali Kranggot. Akhirnya, kami berinisiatif untuk mengangkat ketiga orang ini menjadi duta lingkungan atau Duta DLH,” kata Pelaksana Tugas Kepala DLH Cilegon, Ahmad Aziz Setia Ade Putra saat ditemui di Kantor Walikota Cilegon, Selasa (14/3/2023).

Aziz menjelaskan, duta lingkungan yang diangkat ini, memiliki tugas membersihkan sampah-sampah yang ada di Kali Pasar Kranggot. Di mana, dalam sehari sampah yang berhasil diangkut di Pasar Kranggot sebanyak 36 kubik sampah.

“Untuk sampah di Pasar Kranggot yang berhasil diangkut dalam sehari bisa mencapai 36 kubik sampah per hari,” jelas Aziz.

Mantan Kadis Kominfo Kota Cilegon tak menampik jika duta kebersihan yang diangkat oleh DLH Kota Cilegon tanpa diberi honor alias sukarelawan. Di mana, pemberian honor para duta ini hanya berupa pakaian layak pakai.

“Memang sudah kami usulkan duta kebersihan ini diberi honor karena mereka ini berkecimpung dengan sampah. Tapi, dari TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Cilegon belum mengizinkan pemberian honor tersebut. Jadi, untuk memberikan penghargaan kepada para duta ini, kami hanya memberikan pakaian layak pakai sesuai kebutuhan mereka atau hasil patungan pegawai di DLH Cilegon,” ujarnya.

Aziz tak menampik jika keberadaan duta kebersihan cukup kurang. Di mana, ada 7 kali yang menjadi atensi rawan banjir dan longsor di Kota Cilegon. Diantaranya, Kali Cibeber, Kali Madaksa, Kali Merak dan Kali Sepanjang Ciwandan. (Ully/Red)