Komisi I DPRD Cilegon mengadakan rapat dengar pendapat dengan Tim Pansel dan BKPP Kota Cilegon, Senin (24/1/2202). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSS – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mendesak agar Tim Panitia Seleksi (Pansel) segera mengumumkan hasil Lelang Jabatan Eselon II yang telah digulirkan.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi I DRPD Cilegon, Hasbudin pada rapat dengar pendapat (hearing) dengan Tim Pansel dan BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Kota Cilegon, pagi tadi.

Menurut Hasbudin, semestinya hasil tiga besar calon kepala OPD dapat dipercepat untuk diumumkan. Mengingat tahapan sudah selesai dan jabatan sudah lama terjadi kekosongan. Maka dari itu, pihaknya meminta agar Pemkot tidak menunda-nunda dan segera mengumumkannya di akhir bulan ini.

“Ini kenapa sampai sekarang belum juga diumumkan 3 besar eselon II? Kami (Eselon I) minta akhir bulan sudah diputuskan. Agar di awa Febuari 2022, 6 OPD yang kosong bisa terisi dan bisa bekerja benar,” kata Hasbudin kepada awak media usai rapat hearing, Senin (24/1/2022).

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Menurut Hasbudin, lambatnya pengumuman jabatan eselon II ini dianggap menganggu kinerja OPD.

“Sekarang saja enggak kondusif gimana mau 2023? Wong 2024 aja udah Pilkada lagi? Tadi Pak Sekda Cilegon (Maman Mauludin) dan BKPP Cilegon akan diumumkan pada akhir Januari ini. Jika dalam akhir Januari ini tidak juga diumumkan, kami (DPRD) akan panggil kembali mereka,” ujarnya.

Hasbudin berharap, rekomendasi pada hearing tersebut dapat dipertimbangkan Walikota Cilegon, Helldy Agustian agar cepat diputuskan.

“Segera turun hasil 3 besar. Bila perlu ketika hasil turun dari Pansel, Walikota Cilegon, Helldy Agustian bisa putuskan. Kalau lama-lama umumkan wareg jadinya,” harapnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Pansel JPT Eselon II Pemkot Cilegon Maman Mauludin mengaku bahwa hasil open bidding 6 OPD  tersebut akan selesai akhir Januari 2022 ini.

Baca juga  Penyanyi Kapal Ditemukan Tewas di Kontrakan di Merak Cilegon, Diduga Jadi Korban Pembunuhan

Menurutnya saat ini belum selesai mengingat harus ada pertemuan akhir Pansel untuk menetapkan tiga besar hasil lelang jabatan.

“Insya Allah harapan bapak akhir bulan ini selesai. Saya sudah komunikasikan dengan Pak Walikota keinginan kami terkait kekhawatiran bapak, keterlambatan dan pengisian dan Plt dan sebagainya itu memang ingin di Januari ini semuanya selesai,”jelas Maman.

Ia mengaku masih memerlukan pertemuan lagi bersama Pansel lainnya untuk memplenokan meskipun nilai dan sebagainya sudah terkumpul.

“Jadi kami memerlukan pleno penetapan untuk tiga besar. Pengisian yang kosong Plt dan sebagainya secara berkesinambungan dan juga memang harus di Januari ini,” pungkasnya. (Ully/Red)