Mantan Wakil Ketua DPRD Cilegom Sokhidin saat di wawancara sejumlah wartawan di DPRD Cilegon,” Rabu (21/10/2020) foto Dokumentasi

CILEGON, SSC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Cilegon mulai memproses pergantian antar waktu atau PAW mantan Wakil Ketua DPRD Cilegon Sokhidin.

Sekretaris DPRD Kota Cilegon Bambang Hario Bintan mengatakan, pihaknya telah menerima surat PAW Sokhidin dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon. Saat ini surat tengah ditindaklanjuti oleh Ketua DPRD Cilegon, Endang Effendi.

Setelah ditindaklanjuti oleh unsur pimpinan, sambung Bambang, barulah surat tersebut akan diserahkan ke Walikota Cilegon untuk menerbitkan Surat Keputusan PAW oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

“Setelah ada SK gubernur atas nama Menteri Dalam Negeri, baru kita agendakan untuk tahapan selanjutnya,” ujarnya kepada Selatsunda.com, Rabu (21/10/2020).

Disinggung pengisian pimpinan, lanjut Bambang, mengacu pada usulan dari partai politik yang besangkutan berdasarkan anggaran dasar partai.

Baca juga  Diduga Sakit, Warga Bojonegara Ditemukan Tewas di Hotel Regent

Hal itu menurutnya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib DPRD. Pengisian unsur pimpinan bisa berbarengan dengan PAW anggota DPRD, juga bisa terpisah.

Terpisah, Komisioner KPU Kota Cilegon Eli Jumaeli membenarkan jika pihaknya telah menyurati Sekretariat DPRD Kota Cilegon tentang PAW anggota DPRD Kota Cilegon dari Partai Gerindra.

“PAW atas nama pa haji Sokhidin dengan calon anggota DPRD pada Dapil yang sama dan partai yang sama, itu urutan perolehan suara berikutnya nama Rino Hadi Putra,” ujar Eli.

Menurut Eli, kewenangan KPU hanya pada PAW, sedangkan untuk pengisian unsur pimpinan DPRD tidak lagi membutuhkan surat dari KPU.

Baca juga  Temui Ratusan Massa, Walikota Serang Ajak Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

“Itu diatur dalam aturan DPRD,” imbuhnya. (Ully)