Polsek Cilegon Kompol Karep Waluyo saat melakukan pemantauan terhadap lahan tidur yang telah dimanfaatkan warga ditengah covid-19,” Jumat (19/2/2021). Foto : Dokumentasi Polsek Cilegon

CILEGON, SSC – Warga di dua kelurahan (Kelurahan Masigit dan Jombang) Kecamatan Cilegon, diajak untuk memanfaatkan lahan tidur atau kosong sebagai tempat menanam tanaman jenis hortikultura guna membantu meningkatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi Covid-19.

Pemanfaatan lahan tidur ini atas inspirasi dan masukan yang dilakukan oleh Polsek Cilegon.

Kapolsek Cilegon Kompol Karep Waluyo mengatakan, pemanfaatan lahan tidur atau lahan kosong ini sebagai upaya pihak Polsek Cilegon untuk mendorong warga di untuk bisa memanfaatkan lahan kosong guna meningkatkan perekonomian masyarakat di Kelurahan Masigit dan Kelurahan Jombang di tengah pademi covid-19 (virus corona).

“Itu saya rasa lahan produktif yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Apalagi di massa pandemi Covid-19 sekarang ini tentu itu bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga atau masyarakat,” kata Kapolsek kepada Selatsunda.com,” Jumat (19/2/2021).

Kapolsek menambahkan, hasil panen ini nantinya bisa dinikmati dan dimanfaatkan berkelanjutan. Hasil panen juga dapat dijual sehingga bisa di meningkatkan ekonomi keluarga dan ada yang dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

“Jadi bisa dijual apabila hasil panennya melimpah. Maka itu, kami dorong agar warga kami bisa bercocok tanam di lahan tidur ini,” tambahnya.

Ia menilai ide memanfaatkan lahan kosong untuk sesuatu yang bermanfaat dan bernilai guna itu perlu menjadi contoh bagi masyarakat yang lainnya.

“Langkah ini bisa dicontoh dan juga bisa menjadi inspirasi bagi warga yang lainnya terutama pada masa pandemi COVID-19 ini,” katanya.

Ia berharap, kondisi pademi covid-19 ini dapat berakhir sehingga masyarakat tidak terlalu lama mengalami kesulitan ekonomi dengan kondisi virus corona.

“Kami juga mengajak kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 dalam menjalankan aktivitasnya,” harapnya. (Ully/Red)