Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono saat diwawancara sejumlah wartawan usai kegiatan pisah sambut yang digelar di Polres Kota Cilegon, Rabu (19/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – AKBP Sigit Haryono menjabat Kapolres Cilegon baru menggantikan Kapolres lama, AKBP Yudhis Wibisana. Sigit yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditrekrimsus Polda Metro Jaya akan tancap gas dalam tugas pertamanya sebagai Kapolres baru.

Ia mengaku akan secepatnya menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 dan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Selain itu, pengamanan Pilkada Cilegon juga akan menjadi fokus prioritas di awal tugasnya.

“Tentunya kami (Polres) Cilegon akan langsung berkoordinasi dengam Pak Walikota (Edi Ariadi) terkait inpres tersebut. Karena, dari Pak Walikota yang akan menurunkan Perwal (Peraturan Walikota),” kata Kapolres kepada awak media usai kegiatan pisah sambut yang digelar di Polres Kota Cilegon, Rabu (19/8/2020).

Baca juga  Warga Cilegon Keluhkan Lampu Penerangan PJU di JLS Banyak Yang Mati

Menurut Kapolres, dengan adanya payung hukum perwal tentunya akan menjadi acuan dalam penegakan kedisiplinan protokol kesehatan dimasa Covid-19. Sehingga biaa memberi efek jera bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Baik tidak menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Tentu akan kita dorong adanya perwal tersebut. Seban dengan perwal ini, masyarakat yang melanggar tinggal kami tindak oleh Gakumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu),” ujarnya.

Selain terkait pendisiplinan masyarakat tentang Covid-19, kata dia, pihaknya juga akan fokua pada penyelenggaraan pilkada di lingkup wilayah hukum Polres Cilegon baik Pilkada Cilegon dan Kabupaten Serang. Ia berharap, pelaksanaan pilkada bisa berjalan kondusif.

“Saya berharap agar teman-teman baik forkompinda (forum komunikasi pimpinan daerah) serta teman-teman untuk bersama-sama mendukung dalam semua tugas dalam memberikan keamanan dan kenyaman di Kota Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)