Kondisi Gedung Eks Matahari Lama milik Pemkot Cilegon. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Gedung Plaza Mandiri atau yang dikenal dengan Gedung Eks Matahari Lama, Kota Cilegon saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Gedung yang dibangun bertahun-tahun dan tidak digunakan ini, rupanya menjadi sarang para gelandangan sebagai tempat tinggal.

Kondisi memprihatinkan ini sempat diunggah salah satu youtuber asal Kota Semarang, Joe Kal mengunggah kondisi gedung yang tak terpakai tersebut. Tak hanya kondisi gedung yang memprihatinkan, di lantai basement pun diisi ikan lele dan bawal oleh penjaga gedung.

Dalam unggahannya, Joe Kal menuliskan kondisi gedung eks Matahari di Kota Cilegon dengan judul Mall Kosong. Video tersebut diunggah pada Sabtu, 15 Agustus 2020 dengan durasi 13 menit 52 detik.

Ia mengatakan saat memasuki gedung tersebut, terlihat banyak orang yang keluar masuk di lantai dasar Gedung Plaza Mandiri pada pukul 21.00 WIB.

Baca juga  2 Pegawai Pengadilan Agama Serang Positif Covid-19, Persidangan Ditutup Sementara

“Kondisinya cukup luar biasa. Setiap ruangan atapnya jebol, banyak sampah dan di lantai dasar, saya lihat ada ikan lele dan bawal di sana. Tak hanya itu, saya pun melihat satu per satu orang masuk lalu lalang masuk ke gedung ini,” katanya.

Terkait hal ini, Dedi Affandi, penjaga Gedung Plaza Mandiri, Selasa (18/8/2020) menepis video viral oleh Joe Kal dimana gedung tersebut menjadi tempat tinggal gelandangan.

“Tidak mungkin ditinggali gelandangan. Gedung ini dijaga selama 24 jam. Di sini ada dua penjaga, satu shift 12 jam. Kami tidak pernah izinkan gelandangan tinggal di gedung. Ada pun yang disebut ada jejak gelandangan, itu baju milik penjaga toilet,” katanya.

Baca juga  APBD Tahun 2021 Kota Serang Defisit 75 Miliar

Disinggung mengenai lantai dasar terdapat peliharaan ikan bawal dan ikan lele, ia pun tak menampik hal tersebut.

“Iyah menang untuk dilantai bawah tempat parkir kondisinya banyak genangan air dengan ketinggian mencapai 2 meter. Karena banyak genangan air, kami masukan ikan lele dan bawal aja. Beberapa waktu lalu sempat meminta agar air disedot, tapi sampai sekarang belum ada penyedotan air,” tuturnya.

Terpisah, Sekda Cilegon Sari Suryati menjelaskan, saat ini status Gedung Plaza Mandiri atas nama Pemkot Cilegon dan saat sedang dalam proses uji kelaikan.

“Gedung sudah bersertifikasi atas nama Pemkot Cilegon. Sekarang ini sedang ditawar-tawarkan kepada yang ingin memanfaatkan untuk sewa. Selain itu, kami sedang uji kelaikan. Kami akan pastikan jika gedung ini layak sewa,” ucapnya. (Ully/Red)