:
Puluhan tersangka kasus narkoba dibekuk Satnarkoba Polres Serang Kota, Rabu (20/9/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Peredaran sabu dibungkus dalam permen dan dijual dengan cara menempelkannya di tiang listrik menjadi modus yang mulai dijalankan pelaku narkoba di wilayah Kota Serang.

Belasan tersangka kasus narkotika terkait modus tersebut diitangkap Satnarkoba Polres Serang Kota.

Kasatnarkoba Polres Serang Kota, Iptu Silton menyatakan, pengungkapan 22 tersangka menindaklanjut 19 laporan kasus perkara yang dilaporkan masyarakat. Tersangka yang diamankan diantaranya 18 orang tersangka sebagai pengedar dan 4 lainnya sebagai pemakai.

Sabu oleh tersangka, kata kasatnarkoba, diedarkan ke berbagai wilayah mulai Kramatwatu, PCI Cilegon, Pabuaran, Curug, Kasemen, Ciruas dan sebagainya.

Tersangka dalam mengedarkan sabu menyimpannya dalam bungkus permen dan ditempel ditiang listrik. Kata Silton, modus tersangka merupakan modus lama namun teroganisir di mana dikendalikan dari dalam lapas.

Baca juga  Pemkot Cilegon Cicil Rp 30 Miliar Beli Lahan Milik PT KS

“Sabu ini dibungkuskan dalam bungkus permen. Kemudian ditempatkan di tiang listrik. Setelah ditempel lalu lokasinya di-share. Ini hanya untuk menyamarkan saja,” ungkapnya saat pengungkapan perkara di Mapolres Serang Kota, Rabu (30/9/2020).

“Pembeli dan pengedar tidak bertemu langsung. Modus ini modus lama. Ada yang menggunakan bungkus permen dan almunium rokok,” tambahnya.

Dalam pengungkapan tersangka pada kasus narkoba ini juga menetapkan 3 orang narapidana di lapas. Ketiganya diduga terlibat membantu transaksi tersangka pengedar.

“Mereka adalah jaringan. Karena ini kejahatan yang terorganisir. Jadi mereka nge-link baik pengedar dan penggunanya,” paparnya.

Selain mengamanakan tersangka, kata Silton, pihaknya menyita barang bukti narkoba sebanyak 33,8 gram sabu dan 308 butir untuk obat keras. Kepada tersangka dijerat dengan pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara. (Ronald/Red)