Antrean kendaraan di dalam Tol Tangerang Merak mencapai Kilomter 92, Kota Cilegon, Sabtu (30/4/2022). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kepadatan arus kendaraan pemudik yang mengarah ke Pelabuhan Merak, Kota Cilegon terpatau terjadi hingga Hari kedua menjelang Lebaran (H-2 Lebaran).  Pada Sabtu (30/4/2022), antrean kendaraan sepanjang 10 kilomter terjadi di jalan arteri, Jalan Raya Cilegon-Merak arah pelabuhan. Antrean kendaraan mobil pribadi juga terpantau di dalam Tol Tangerang-Merak.

Kendaraan baik roda empat dan roda dua tampak mengantre hingga keluar Pelabuhan Merak

Pantauan Selatsunda.com sekitar pukul 02.00 WIB, kendaraan yang didominasi kendaraan roda dua dan mobil pribadi mengantre panjang hingga keluar Pelabuhan. Kondisi tersebut juga terlihat di Jalan Cilegon-Merak mulai Kelurahan Gerem hingga Kelurahan Kota Bumi. Ekor kendaraan terpantau hingga Kampus Untirta, Kota Cilegon.

Kendaraan yang mengarah ke Pelabuhan Merak mengatrea di Jalan Raya Cilegon-Merak, Kelurahan Gerek, Kecamatan Grogol

Sementara, kendaraan pribadi yang melintas di tol dari arah Cikupa menuju Merak juga terlihat dialihkan keluar ke Pintu Kleuar Gerbang Tol Serang Barat. Tampak kendaraan mengantre saat keluar gerbang tol.

Baca juga  Walikota Helldy Nyatakan Rotasi Mutasi Diundur, Ini Pertimbangannya
Kendaraan tampak setelah dialihkan keluar di Pintu Keluar Tol Serang Barat

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT MMS, Uswatun Hasanah membenarkan ekor kendaraan yang mengarah ke Gerbang Tol Merak pada pukul 04.00 wib mencapai kilometer 89 hingga 90.

Uswatun menyatakan, kondisi terakhir terhitung pukul 14.30 WIB, antrean kendaraan di dalam tol sudah mulai menyusut atau mencapai KM 94.

“Ekor antrean sudah menyusut. Dari informasi yang kita peroleh terhitung pukul 14.30 WIB, ekor antrean terakhir pada posisi kilometer 94,” ujarnya.

Uswatun mengungkapkan, kendaraan yang dialihkan ke Pintu Keluar Gerbang Tol Serang Barat diberlakukan dengan melihat situasi kepadatan kendaraan ke arah Pintu Tol Merak. Jika ekor kendaraan telah mencapai KM 94 maka kendaraan yang melaju arah Cikupa ke Merak dialihkan ke Gerbang Tol Serang Barat.

Baca juga  Komisi IV DPRD CIlegon Ultimatum Tidak Setujui Usulan Anggaran DPUTR Jika Penyerapan Masih Rendah

“Betul, pengalihan ke Serang Barat diskresi dari kepolisian. Kalau ekor kendaraan sudah mencapai KM 94, sudah mendekati pintu Tol Cilegon Timur, kendaraan dialihkan ke Serang Barat,” tuturnya.

Berdasarkan data Posko ASDP Merak, jumlah penumpang pada H-3 Lebaran telah diseberangkan sebanyak 155.740 orang. Jumlah naik signifikan dibandingkan H-4 Lebaran sebanyak 129.866 orang dan H-5 Lebaran 94.561 orang.

Untuk jumlah kendaraan roda dua pada H-3 Lebaran telah diseberangkan sebanyak 18.504 unit. Jumlah naik signifikan dibandingkan H-4 Lebaran sebanyak 13.748 dan H-5 Lebaran 5.499 unit. Sementara jumlah kendaraan roda empat pada H-3 Lebaran yang telah diseberangkan sebanyak 17.452 unit. Jumlah meningkat dibanding H-4 dan H-5 lebaran. Pada H-4, jumlah kendaraan roda empat mencapai 15.895 unit dan H-5 sebanyak 12.876 unit. (Ronald/Ully/Red)