Kepala DKPP Kota Cilegon Eva Syarifah, Kamis (10/8/2023). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pemerintah Pusat berencana akan menyalurkan bantuan pangan kepada belasan ribu masyarakat di Kota Cilegon. Ribuan bantuan pangan berupa beras ini rencananya akan disalurkan pada Agustus hingga Desember 2023 mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon Eva Syarifah mengatakan, pemberian bantuan pangan ini sebagai upaya pemerintah dalam mengantisiapasi fenomena El Nino. Pihaknya saat ini sudah mendata ada sekitar 19.732 KK (Kepala Keluarga) atau PBP (Penerima Bantuan Pangan) yang bakal menerima bantuan beras tersebut.

“Setiap KK menerima beras 10 kg perbulan dari pemerintah pusat,” kata Eva kepada awak media ditemui di salah satu hotel di Kota Cilegon, Kamis (10/8/2023).

Eva menambahkan, bantuan beras akan didistribusikan oleh Perum Bulog dari gudang pelayanan ke titik penyerahan melalui Pos Indonesia. Penyaluran bantuan pangan ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) serta menindaklanjuti Surat Kepala  Badan Pangan Nasional Nomor 82/TS.03.03/K/3/2023 Tanggal 24  Maret 2023 Hal Penyaluran CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) dalam rangka Pemberian Bantuan Pangan.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

“Tentu kita selalu koordinasi dengan provinsi dengan Badan Pangan Nasional untuk merealisasikan bantuan tersebut. Semoga Cilegon pendistribusian bantuan ini lancar. Pada 3 bulan yang lalu kan (Mei, Juni dan Juli) sudah diberikan. Saat ini akan diberikan lagi dari Agustus hingga Desember,” tambahnya.

Mantan Sekdis Perkim Kota Cilegon mengungkapkan, pemerintah pusat mengintruksikan ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia untuk menyediakan 1.000 hektar lahan kosong untuk lahan pertanian. Akan tetapi, Cilegon terbentur dengan minimnya lahan karena keberadaan industri di Cilegon.

“Ketika ada El Nino tentu daerah tersebut aman karena memiliki cadangan makanan. Tapi, karena Cilegon yang tidak memiliki lahan pertanian yang luas otomatis akan menberatkan semua pihak. Tapi kita berharap, dengan puncak El Nino, tidak berdampak pada pengiriman stok bahan makanan,” ujarnya.

Baca juga  Pertemuan Komwil III APEKSI di Depok, Wali Kota Helldy Ungkap Bonus Demografi 2045 Jadi Bahasan Utama

Ia berharap, semoga penyaluran bantuan cadangan beras di tahap ke tiga ini berjalan lancar sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat seluruh bantuan yang diprogramkan oleh pusat.

“Bulog tinggal menunggu kesiapan PT Pos untuk menyalurkan karena seperti tahap satu dan dua yang menyalurkan dari PT Pos ke kelurahan-kelurahan,” harapnya. (Ully/Red)