Truk melintas masuk di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya Bojonegara, Kabupaten Serang, Belum lama ini. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemerintah menyiapkan tiga pelabuhan untuk melayani mudik Lebaran 2024 bagi pemudik yang hendak menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Selain Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara juga menjadi pelabuhan penunjang untuk mudik.

Kepala Cabang PT Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara, Endi mengatakan, sejauh ini pihaknya dalam menghadapi mudik tahun ini telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. Salah satunya yang disiapkan yakni dengan mengoperasikan sebanyak 6 kapal.

Kepala Cabang Pelabuhan Bandar Bakau Jaya Bojonegara, Endin

“Jadi sekarang (di BBJ) sudah 6 kapal. Semua yang dioperasikan adalah KMP,” ujar Endin ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Senin (1/4/2024).

Selain kapal, kata Endi, BBJ juga menyiapkan satu dermaga. Dermaga itu dapat melayani hingga 5 kapal.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

“Dermaga kita bisa lima kapal. Jadi satu jetty bisa lima kapal,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, BBJ juga menyediakan lahan parkir luas untuk kendaraan logistik yang akan menyeberang. Lahan yang disediakan seluas 19,5 hektar ini dapat menampung kendaraan truk berukuran besar dengan kapasitas hingga 2 ribu unit truk.

“Lahan parkir 19,5 hektar. Untuk sementara ini 2ribu unit truk besar dan 6ribu kendaraan kecil,” paparnya.

Secara aturan, kata Endin, BBJ dikhususkan mengangkut kendaraan truk golongan VIII dan IX. Namun jika ada kendaraan golongan lain yang menyeberang tetap dilayani.

“Sebetulnya kita tidak hanya mengangkut VIII dan IX. Selama kita mengangkut logistik dari golongan V sampai VII. Bahkan ada juga yang IV, provit itu, kita angkut,” ucapnya.

Baca juga  Gaspol Abangku ke Kalos Kafe, Tempat Nongkrong Baru di Cilegon dengan View Alam, Yuks Cobain

Endin mengungkapkan, jika pada mudik tahun lalu, penumpang yang menyeberang lewat BBJ cukup penuh. Namun penuh tidak sampai keluar pelabuhan. Pihaknya berharap pada mudik tahun ini semuanya dapat berjalan lancar sesuai harapan pemerintah.

“Belajar tahun lalu, penuh. Jadi kalau tahun lalu tidak ada antrean di luar pelabuhan. Semua ke dalam,” pungkasnya. (Ronald/Red)