Satlantas Polres Cilegon menggelar Operasi Zebra Maung 2023 di Simpang Tiga Landmark, Kota Cilegon, Senin (11/9/2023). Foto Istimewa

CILEGON, SSC- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon menggelar Operasi Zebra Maung 2023. Operasi Zebra Maung 2023 digelar mulai Senin (11/9/2023) hingga Minggu (24/9/2023).

Hari ini, Senin, Satlantas Polres Cilegon menggelar operasi tepat di Simpang Tiga Landmark.

Kaur Bin Op Satlantas Polres Cilegon, Iptu Haris Munandar mengatakan, Operasi Zebra Maung 2023 yang digelar selama 14 hari kedepan ini mengedepankan upaya preemtif dan preventif. Di mana pihaknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Kita melaksanakan operasi ini mengedepankan preemtif dan preventif. Sebatas imbauan dengan pemberian teguran,” ujar Haris dikonfirmasi.

“Tadi juga kita membagikan leaflet dan stiker, mengedukasikan tertib lalu lintas ke masyarakat,” sambungnya.

Baca juga  Perumda Cilegon Mandiri Bisnis Air Kemasan, Komisi III DPRD Cilegon Ingatkan Pelayanan Utama Jangan Terlupakan

Pada operasi ini, kata Haris, terdapat tujuh sasaran pengendara yang menjadi skala prioritas Satlantas Polres Cilegon. Ketujuh itu diantaranya pengendara bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara, masih di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm standar SNI atau tidak menggunakan safety belt, dalam pengaruh alkohol, melawan arus serta pengedara bermotor yang melebihi batas kecepatan.

Dari hasil operasi setidaknya terdapat sebanyak 4 pengendara yang diberikan teguran. Pengendara tersebut didapat melanggar karena tidak menggunakan helm standar SNI dan tidak menggunakan safety belt.

“Hari ini ada sebanyak 4 pengendara yang kita berikan teguran, teguran tertulis. Tidak menggunakan helm dan tidak menggunakan safety belt,” ungkapnya.

Baca juga  Bawaslu Cilegon Ungkap Data Orang Meninggal Rawan Terdaftar Jadi Pemilih

Pihaknya mengimbau agar masyarakat Kota Cilegon dapat mengutamakan keselamatan dan tertib dalam berlalu lintas.

“Baik dalam operasi maupun tidak, kita menghimbau kepada masyarakat Cilegon agar tertib disiplin berlalu lintas. Karena seluruhnya dilaksanakan, itu untuk kepentingan bersama. Contohnya menjaga keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas,” harapnya. (Ronald/Red)