Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Cilegon Sri Widayati. (Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon Kota Cilegon gencar memberikan dan sosialisasi politik kepada mayarakat di Kota Cilegon dalam mensukseskan Pemilu 2024. Diantaranya dengan memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kota Cilegon Sri Widayati mengatakan, upaya yang dilakukan oleh Badan Kesbangpol Cilegon dalam mengaet pemilih pemula, yakni, melakukan sosialisasi ke kalangan pelajar SMA (Sekolah Menenggah Atas) dan SLB (Sekolah Luar Biasa) di Kota Cilegon yang rencananya akan digelar pada Oktober 2023 mendatang. Pihaknya menargetkan, tingkat partisipasi pemilih pemula dapat meningkat mencapai 6.000 pemilih pemula.

“Jadi bukan hanya masyarakat umum saja, semua kita sasar termasuk suara milenial ini, agar mereka tidak cuek dalam menggunakan hak pilihnya sehingga mereka juga tahu tata cara memilihnya,” ujarnya, Senin (11/9/2023).

Ditambahkannya, pada kegiatan Sosialisasi Pemilu 2024 untuk kalangan pelajar nanti bakal dilakukan berbeda dengan sosialisasi di kelurahan. Untuk pelaksanaan, pihaknya bakal mengumpulkan perwakilan pelajar yang mempunyai hak pilih di tahun 2024 mendatang.

“Pelajar bakal kita kumpulkan untuk diberi sosialisasi seputar pemilu, dan setiap sekolah bakal ada perwakilan dimana perwakilan tersebut diharapkan bisa menyampaikan ke teman-teman yang lain,” tambahnya.

Selain itu, Sri menuturkan, 10 duta politik juga akan diikut sertakan dalam sosialisasi Pemilu 2024 kepada kalangan pelajar.

“Makanya sebelum kita melakukan sosialisasi pemilu ke masyarakat, kita juga adakan pemilihan Duta Politik, yang sudah dipilih sebanyak 10 pelajar, dimana Duta Politik itu selalu kita libatkan dalam kegiatan sosialisasi pemilu yang dilakukan Kesbangpol,” tuturnya. (Ully/Red)