Surat Suara Pemilu 2024 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tiba di Kota Cilegon, Rabu (3/1/2023). Tampak petugas KPU Cilegon mengangkat kardus berisi surat suara saya di gudang KPU. Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Surat Suara Pemilu 2024 untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tiba di Kota Cilegon, Rabu (3/1/2023). Logistik Pilpres ini tiba di Gudang KPU Kota Cilegon, Jalan KH Ishak, Kelurahan Ketileng, Kecamatan Cilegon sekitar pukul 13.45 WIB.

Pantauan Selatsunda.com di lokasi, surat suara tersebut diangkut oleh truk bernomor plat B 9508 KCB. Sat tiba, surat suara yang tersimpan dalam pak kardus itu langsung diturunkan oleh petugas KPU Kota Cilegon. Penurunan surat suara disaksikan oleh Bawaslu Kota Cilegon dan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

Petugas mengangkat kardus berisi surat suara Pilpres

Anggota KPU Cilegon Divisi Teknis, Urip Haryantoni mengatakan, surat suara Pilpres yang tiba ini dikirim dari Jakarta. Surat suara berjumlah  332.615 lembar surat suara. Jumlah tersebut terbungkus dalam 166 pak kardus berjumlah 332.000 lembar dan 1 kardus berjumlah 615 lembar.

“Adapun untuk jumlah kebutuhan kita yang ada ini plus tambah sama surat suara persiapan pemungutan suara ulang. Jadi sebanyak 332.615 lembar. Kalau hitungan dusnya itu, 166 dus dalam 1 dus itu isinya 2.000,” ungkapnya.

Baca juga  PDAM Kota Cilegon Targetkan Tekan Kebocoran  Hingga Dibawah 20 Persen di 2024

Urip mengatakan, saat ini surat suara pemilu 2024 yang telah didistribusikan ada dua jenis yakni Surat Suara Pemilu Anggota DRPD Provinsi Banten Daerah Pemilihan Banten 12 dan Surat Suara Calon Presiden dan Wakil Presiden RI. Pihaknya masih menunggu 3 jenis surat suara lagi.

“Kita masih menunggu 3 jenis surat suara lagi. Pertama surat suara DPR RI, surat suara DPD dan surat suara DPRD Kabupaten Kota untuk 4 dapil,” ujarnya.

“Hari ini kita kedatangan surat suara Capres dan Cawapres. Mudah-mudahan Minggu depan untuk 3 jenis surat suara bisa di kirim ke KPU, karena ini berkenaan dengan waktu,” sambungnya.

Urip mengungkapkan, jumlah lembar surat suara Pilpres yang didistribusikan ini untuk memenuhi jumlah DPT di Kota Cilegon sebanyak 324.562 pemilih.

“Jadi jumlah 332 ribu itu termasuk surat suara ulang,” tuturnya.

Baca juga  8 Kecamatan di Cilegon Diminta Siapkan Anggaran Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota 2024

Setelah surat suara Pilpres tiba, kata Urip, pihaknya akan segera melakukan koordinasi untuk dilakukan proses penyortiran dan pelipatan. Pihaknya mengagendakan akan melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pilpres, Esok Hari.

“Mudah-mudahan setelah datangnya ini, nanti kita koordinasikan ke penyedia jasa sortir. Mudah-mudahan, harapan besok sudah bisa,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Alam Arcy Ashari menambahkan, pihaknya datang saat pendistribusian surat suara Pilpres untuk memastikan jumlah dan kualitas surat suara. Ia menyatakan, pihaknya saat di lokasi sempat mengecek isi lembar surat suara di dalam sampling 1 kardus. Kata Alam, isi dalam surat suara lengkap yakni terdapat gambar 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden.

“Tadi kita sudah melakukan sampling untuk pembukaan kertas suara. Yang mana terdapat didalam itu sesuai. Dengan Paslon, ada 3 paslon dengan nomor urut dan partai pendukung. Itu sudah sesuai,” ungkapnya. (Ronald/Red)