Masuk Tahun Politik, Kota Cilegon Targetkan Investasi Capai Rp 14 Triliun," Rabu (3/1/2024). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Memasuki tahun politik di 2024, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cilegon menargetkan investasi yang masuk ke Kota Cilegon sebesar Rp 14 triliun.

Demikian disampaikan, Sub Koordnitor Perizinan Jasa Usaha DPMPTSP Cilegon,  Dermawan Sutanto mengaku optimis terhadap target investasi di tahun ini walaupun memasuki tahun politik. Sebab, realisasi investasi hingga September 2023 mencapai Rp 28,01 triliun dari target yang ditetapkan Rp 13 triliun.

“Meski tahun ini masuk tahun politik, investasi di 2024 harus mencapai Rp 14 triliun. Jika dibandingkan di 2023 ke 2024 terjadi peningkatan target Rp 1 triliun,” kata Dermawan kepada Selatsunda.com ditemui di kantornya, Rabu (3/1/2024).

Ia merinci berdasarkan data realisasi investasi Kota Cilegon selama 2023, total Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Cilegon mencapai Rp 26 triliun dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 1,2 triliun. Untuk jumlah perusahaan yakni PMA sebanyak 121 perusahaan dan PMDN sebanyak 211 perusahaan.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

“Sampai saat ini, kondisi Kota Cilegon masih bagus bagi para investor yang ingin berinvestasi di sini. Apalagi, letak Cilegon yang cukup strategis ditambah dengan fasilitas dan prasarana pendukung sangat memudahkan para investor masuk ke Cilegon,” rincinya.

Lebih lanjut, kata Dermawan, para investor tak perlu kesulitan dalam melakukan pengurusan izin. Para investor, cukup mengurus izin daerah yang harus dilengkapi. Mulai dari izin persetujuan bangunan gedung (PBG), izin lingkungan hidup (Dinas LH), izin operasional dan izin kesesuaian ruangan.

“Kalau PMA, izin dikeluarkan oleh pemerintah pusat,” lanjutnya.

Kata Dermawan, penyumbang investasi terbesar di Kota Cilegon dari perusahaan kimia dengan nilai investasi sebesar Rp 20,68 triliun diikuti dengan perusahaan gas listrik dan air sebesar Rp 6 triliun.

Baca juga  Rayakan Idul Adha, Golkar Cilegon Sembelih Hewan Kurban, 49 Sapi Disumbang Robinsar

“Kami optimis semua investor masuk di Kota Cilegon,” ujarnya.

Analis Kebijakan Ahli Muda, Pokja Promosi Penanaman Modal pada DPMPTSP Kota Cilegon, Safiudin mengungkapkan hal yang sama. Safiudin mengaku, pada 2024 ini target investasi di Cilegon dapat tercapai karena banyak perusahaan pada tahun sebelum-sebelumnya telah berinvestasi.

“Tidak ada kendala apa-apa. Karena investor di Cilegon sudah lama ada. Kecuali investor yang masuk itu baru. Tapi kalau sudah berjalan meski tahun politik tidak ada kendala apapun,” ujar Safiudin.

Oleh karena itu, ia optimis di 2024 ini tidak terjadi gejolak apapun khususnya bagi para investor baru yang masuk ke Kota Cilegon. (Ully/Red)