Bank Bjb (Foto Dok Selatsunda.com)

BANDUNG, SSC – Modus penipuan di ranah digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi kian marak saat ini. Modus penipuan ini salah satunya menyasar nasabah bank tak terkecuali bagi para nasabah bank bjb.

Akan hal ini, Bank Bjb mengharapkan nasabah dapat menjaga kerahasiaan akun dan data pribadi masing-masing.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, Bank bjb  selalu menjadikan keamanan data nasabahnya sebagai prioritas. Saat ini, bank bjb telah menerapkan anti-fraud management system untuk menjamin kemanan dan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi digital di bank bjb.

Widi menguraikan sejumlah tips yang perlu diperhatikan nasabah agar terhindar dari penipuan di dunia maya. Diantaranya, tips pertama, nasabah harus memastikan informasi yang diperoleh berasal dari saluran komunikasi resmi Bank bjb.

“Pertama, adalah dengan memastikan bahwa informasi yang Anda peroleh terkait bank bjb, berasal dari channel komunikasi resmi perusahaan,” ujar Widi dalam keterangannya yang diterima redaksi Selatsunda.com, Selasa (19/10/2021).

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

Ia menerangkan, adapun  hannel komunikasi resmi bank bjb meliputi, Akun media sosial resmi bank bjb yakni Instagram @bankbjb, Twitter @infobankbjb, dan Facebook bank bjb (akun media sosial bank bjb Official adalah akun verified yang bercentang biru)
Call center resmi bank bjb di nomor 14049
Website resmi bank bjb https://www.bankbjb.co.id dan Email resmi untuk pengaduan nasabah bank bjb yakni bjbcare@bankbjb.co.id.

“Bila informasi yang diperoleh bersumber dari selain chanel di atas, masyarakat perlu mempertanyakan keasliannya,” terangnya.

Tips kedua, nasabah juga diimbau untuk tidak pernah memberikan  informasi data rahasia kepada siapapun. Hal tersebut meliputi Nomor PIN (Personal Identification Number), User ID, Kode OTP (One Time Password), User ID, Kode Akses dan informasi juga nomor, Card Verification Value (CVV) yakni tiga digit terakhir dibagian belakang Kartu Kredit atau Debit, dan tanggal kadaluarsa (expire date) kepada pihak manapun.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

“Pihak bank bjb tidak pernah meminta informasi data tersebut melalui sarana media elektronik yang tidak aman,” ujarnya.

“Nasabah juga diminta untuk tidak pernah memasukan User Id, Nomor PIN atau Password, Kode Akses, hingga Kode OTP dan nomor handphone pada suatu halaman web yang terbuka otomatis alias pop-up yang dikirim melalui link. Hal ini bisa jadi merupakan bagian dari penipuan berjenis phising,” sambungya.

Bila menemukan link dan transaksi mencurigakan ataupun pihak yang mengatasnamakan bank bjb, nasabah dapat melapor kepada bank bjb melalui Call center resmi bank bjb di nomor 14049. (Red)