Bunga bangkai Suweg yang ditemukan warga Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon di tempat sampah, Selasa (17/11/2020). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Warga di Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon dihebohkan dengan kemunculan bunga Suweg yang tumbuh di tempat pembuangan sampah.

Salah satu warga, Kenko tak menyangka menemukan bunga yang jarang tumbuh tersebut. Ia kaget saat hendak membuang sampah mencium bau busuk yang menyengat. Ia tidak mengira yang diciumnya ternyata adalah bunga bangkai.

“Tetangga juga cium bau busuk di situ (tempat pembuangan sampah). Banyak lalat juga mengerubungi flora yang masuk dalam kategori umbi-umbian ini,” kata Kenko kepada Selatsunda.com, Selasa (17/11/2020).

Ia menambahkan, selain tumbuh di sekitar pembuangan sampah, bunga sejenis juga terlihat tumbuh di sekitar semak-semak yang tak jauh dari lokasi yang sama.

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Kemarin masih tunas, tadi siang pas lihat lagi udah mekar. Masih ada satu lagi yang belum mekar, kata warga lima hari lalu itu ada yang menemukan juga di sebelah sana,” terangnya.

Hingga saat ini, meski berbau busuk namun warga tetap membiarkan bunga itu tumbuh di sekitar.

Diketahui, Suweg merupakan tanaman anggota marga Amorphophallus dan masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa dan iles-iles.

Suweg sering dicampurbaurkan dengan iles-iles karena keduanya menghasilkan umbi batang yang dapat dimakan dan ada kemiripan dalam morfologi daun pada fase vegetatifnya. (Ully/Red)