Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta saat di wawancara sejumlah wartawan di Kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Cilegon. Foto : Dokumentasi Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Walikota dan Wakil Walikota Cilegon, Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta mulai memetakan langkah-langkah  strategis yang akan dilakukan di  2021 ini. Salah satu yang akan fokus dilakukan dengan melaksanakan rotasi dan mutasi ASN besar-besaran.

Wakil Walikota Sanuji Pentamarta mengatakan, Helldy-Sanuji pada tahun ini akan fokuskan pada pembenahan ASN. Jajaran ASN akan disegarkan semangat baru dengan pimpinan yang baru. Nantinya, kata dia, pengisian jabatan ASN akan ditempatkan sesuai kompetensinya.

“Secara umum penyegaran, pembenahan ASN, right men in the right place. Jadi, kompetensi iya, kinerja iya, open bidding juga iya,” ungkapnya di Kantor Pemerintahan Kota Cilegon, Selasa (2/3/2021).

Sanuji menyatakan, rotasi dan mutasi itu juga akan menyasar jabatan-jabatan strategis. Seperti posisi jabatan kepala dinas yang saat ini di isi Pelaksana Tugas (Plt) akan segera didefinifkan. Begitu juga jabatan pimpinan tertinggi birokrasi yakni sekda yang sang saat ini dijabat Pejabat Sementara (Pj) juga segera didefinitifkan.

“Kita sepakat, (jabatan) plt-plt jangan terlalu lama. Yang plt akan kita rapikan definitif,” ungkapnya.

“Prinsipnya yang plt, plh, pj, semuanya kita dorong cepat definitif,” sambungnya.

Mengenai adanya aturan kepala daerah  tidak diperbolehkan melakukan rotasi dan mutasi pejabat setelah 6 bulan dilantik, Sanuji mengikuti aturan tersebut. Namun bila ada yang krusial, pihaknya akan berkonsultasi dengan Kemendagri.

“Prinsipnya kan memang 6 bulan, tapi sektor yang strategis, seperti rumah sakit, mungkin bisa. Kita masih konsultasi dulu,” paparnya.

Ia menyatakan meski rotasi mutasi dilakukan di 2021 namun hal itu bukanlah hal yang utama. Prinsipnya, yang paling utama menjalankan visi misi dan program Helldy-Sanuji.

Baca juga  Larangan Warung Nasi Buka di Siang Hari Tuai Kontroversi, Ini Penjelasan Walikota Serang Syafrudin

”Tetap (visi, misi, program teralisasi) setiap tahun yang utama,” pungkasnya. (Ully/Red).