Pengunjung padati Pantai Anyer, Kabupaten Serang saat libur akhir pekan. (Foto Dokumentasi)

CILEGON, SSC – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Cilegon menghimbau kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai munculnya klaster ‘long weekend’ atau libur panjang pada akhir pekan ini. Kepada masyarakat yang berlibur diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan terutama di tempat-tempat wisata baik pantai maupun obyek wisata lainnya yang menimbulkan banyak keramaian.

“Kami (IDI) tak bosan-bosan untuk mengingatkan kepada masyarakat jika pademi Covid-19 masih terus meningkat. Tetap waspadai kluster liburan di saat libur panjang pada akhir depan ini. Kami mohon agar dalam perayaan liburan ini, masyarakat benar-benar memperhatikan protokol kesehatan, menjaga keadaan sehingga tidak terjadi kerumunan dan penularan virus corona,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cilegon Lendy Delyanto saat dihubungi Selatsunda.com melalui sambungan telepone genggamnya,” Sabtu (24/10/2020).

Baca juga  2 Pegawai Pengadilan Agama Serang Positif Covid-19, Persidangan Ditutup Sementara

Lenndy menambahkan, penerapan 3M baik menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan harus lebih diperhatikan saat libur panjang. Bahkan, pihak pengelola tempat wisata untuk menyediakan fasilitas cuci tangan, memastikan para pengunjung menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Penerapan protokol kesehatan harus ketat dilakukan oleh pihak pengelola tempat wisata. Karena, semua ini sangat efektif untuk memutus penularan virus covid-19. Saya juga menghimbau juga untuk tidak membawa bayi dan usia rentan diatas 50 tahun untuk ikut wisata. Karena usia tersebut cukup rentan dalam penularan virus corona,” tambah Lenndy.

Disinggung evaluasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, lanjut Lenndy, sejauh ini kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan sudah mulai baik. Ini dilihat, banyaknya donatur yang telah membagikan masker dan sarana pencuci tangan ke masyarakat.

Baca juga  2 Pegawai Pengadilan Agama Serang Positif Covid-19, Persidangan Ditutup Sementara

“Kalau saya lihat evaluasi 3M sudah bagus dan sudah sadar juga masyarakat dalam penerapan 3M. Yang jelas, saat libur panjang ini, tingkat kewaspadaan harus terus dijalankan sebaik mungkin,” lanjutnya.

Ia berharap tidak terjadi kluster liburan saat libur panjang nanti. Ia kembali menyampakkan agar protokol kesehatan terus dijalankan oleh masyarakat guna memutus rantai penyebaran virus corona. (Ully/Red)