Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Provinsi Banten Erick Rebiin tengah memantau pelaksanaan vaksinasi yang digelar oleh Pasar Kranggot,Kota Cilegon, Jumat (10/9/2021). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – DPW Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Provinsi Banten melaksanakan serbuan vaksinasi terhadap pedagang di Pasar Kranggot, Kota Cilegon, Jumat (10/9/2021).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Provinsi Banten Erick Rebiin mengatakan, vaksinasi yang digelar atas kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota. Cilegon denganenyasar 300 pedagang.

Vaksinasi kepada pedagang baru pertama kali di Cilegon. Meski baru pertama kali digelar, antusias pedagang cukup tinggi. Bahkan, pedagang rela antre dan datang pagi hari meski posko vaksin belum dibuka.

“Untuk di Banten, baru pertama Kota Cilegon. Antusiasnya cukup luar biasa. Dari pedagang yang mendaftar sebanyak 294 orang, tapi total ini sudah melebihi. Bahkan, untuk mengakomodir pedagang Dinas Kesehatan menyiapkan 300 dosis vaksin untuk para pedagang,” kata Erick kepada Selatsunda.com di lokasi.

Baca juga  Demo Hari Tani, Mahasiswa Cilegon Soroti Lahan Pertanian Menyusut Akibat Industri

Erik menyampaikan, vaksinasi ini digelar guna mendukung program pemerintah dalam mencapai herd immunity. Karena antusiasme yang tinggi pihaknya akan mendorong penyelenggara vaksinasi di lain hari.

“Bisa jadi, nanti setelah di Pasar Kranggot, kita buka vaksinasi lagi di Pasar Blok F guna mengakomodir pedagang yang belum di vaksinasi,” ujarnya.

Erick sapaan akrabnya berharap pemerintah bisa mendorong vaksinasi pedagang agar lebih masif lagi. Sebab pedagang sangat rentan terpapar.

“Beda kalau pasar modern seperti mal itu ada syarat masuknya sudah vaksinasi. Kalau di sini (Pasar Baru Kranggot-red) bebas saja keluar masuk tanpa syarat. Jadi pasti sangat rentan terpapar,” katanya.

Terpisah, Kepala UPTD Pasar Kranggot  Aceng Syarifudin mengaku, vaksinasi bagi pedagang di Pasar Kranggot diburu pedagang. Bahkan, sempat terjadi kerumunan. Kerumunan para pedagang ini, karena total pedagang yang mendafttar melebihi dari target.

Baca juga  Jelang Pemilu 2024, Partai-partai baru Sowan ke KPU Cilegon

“Jadi sebenarnya kami udah mendaftarkan 295 pedagang di Pasar Kranggot untuk di vaksin. Tapi, semalam ada peningkatan lagi 370 pedagang. Dan hari ini terjadi ada lagi peningkatan,” pungkasnya. (Ully/Red)