KONI Kota Serang bertemu dengan Walikota Serang, Syafrudin di ruang kerja Walikota Serang di Puspemkot Serang, Jumat (16/10/2020). Foto Istimewa

SERANG, SSC – KONI Kota Serang mengajukan anggaran sekitar Rp 9 miliar untuk memenuhi kebutuhan atlet mengikuti tiga pekan olahraga yang akan digelar pada tahun 2021 dan 2022 mendatang. Anggaran itu untuk memenuhi Pekan Olahraga Pelajar Kota (Popkot), Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) Banten.

Ketua KONI Kota Serang, Deni Arisandi mengatakan, pengajuan anggaran mencakup kebutuhan atlet selama dua tahun kedepan mengikuti tiga pekan olahraga. Untuk Popkot dan PON akan dilaksanakan pada 2021 dan Porprov pada 2022.

“(Pengajuan anggaran) Diangka antara Rp 7 sampai Rp 9 miliar. Minimalnya 7 maksimalnya 9. Itu harapan yang kami sampaikan kepada pak Walikota. Berapapun itu penambahan yang diberikan, akan kami maksimalkan,” ujarnya kepada media usai bertemu Walikota Serang, Syafrudin di Puspemkot Serang, Jumat (16/10/2020).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Untuk Popkot, kata Deni, KONI awalnya memang berencana menggelarnya pada 2020. Namun karena Covid, even itu tertunda dan dilaksanakan tahun depan. Begitupun even PON juga dilaksanakan 2021.

Mengenai anggaran untuk Popkot sendiri diperkirakan membutuhkan Rp 2 miliar.

“Itu kan sudah 5 tahun lalu, artinya ada harga yang naik. Jika akan melaksanakan, minimal Popkot akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar,” paparnya.

Ia menyatakan, atlet setelah mengikuti even Popkot akan melanjutkan pada pekan olahraga berikutnya. Untuk yang berprestasi di event Popkot, lanjutnya, atlet akan diberi pembinaan untuk mengikuti Perprov.

“Nanti juara Popkot akan mengikuti pelatihan atlit daerah (platda) sebagai persiapan mengikuti Poprov. Maka setelah Popkot, kira-kira akhir desember 2021 para atlit akan mengikuti Platda,” imbuhnya.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Menanggapi hal itu, Walikota Serang, Syafrudin akan mencoba berkoordinasi dengan DPRD Serang terkait anggaran tersebut. Menurutnya, kebutuhan anggaran memungkinkan disetujui sekitar Rp 5 miliar.

“Mintanya Rp 9 miliar, mungkin disekitar anggaran Rp 5 miliar insya Allah akan kami perjuangkan. Tergantung bagaimana eksekutif dan legislatif, ya, kesepakatan bersama,” ujarnya.

Menurut dia, anggaran tersebut diperkirakan cukup untuk memenuhi ketiga pekan olahraga. Besaran itu menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda dan perekonomian yang masih dalam pemulihan.

“Sebenernya masih kurang anggaran Rp 5 Miliar, idealnya itu memang Rp 7 sampai Rp 8 Miliar, namun karena kondisi pandemi (pemulihan ekonomi 2021) kita sama-sama ngirit jadi di perkecil sehingga disesuaikan saja,” pungkasnya. (SSC-03/Red)