Dua anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Cilegon, Hasbi Sidik dan Faturohmi saat di DPRD Cilegon, Jumat (2/10/2020). Keduanya digadang-gadang menjadi Wakil Ketua I DPRD menggantikan Sokhidin. (Foto Desain Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cilegon, Sokhidin mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua I dan anggota DPRD Kota Cilegon pada 31 Agustus 2020. Politisi Gerindra ini mengundurkan diri karena maju berlaga pada kontestasi Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020.

DPRD Kota Cilegon kemudian menindaklanjuti mekanisme pemberhentian Sokhidin. Pada Hari ini, Jumat (2/10/2020), DPRD Cilegon melaksanakan paripurna terkait Usulan Pemberhentian Sokhidin dari jabatan sebagai Wakil Ketua I dan anggota DPRD Kota Cilegon periode 2019-2024.

Namun setelah Sokhidin mengundurkan diri dan diberhentikan, siapakah sosok yang akan menggantikannya?

Dari perbincangkan publik muncul dua sosok yang digadang-gadang duduk di kursi pimpinan parlemen. Dari lima anggota Fraksi Partai Gerindra, dua calon kuat yakni Sekretaris Gerindra Cilegon, Fatuhrohmi dan Anggota Gerindra Cilegon Hasbi Sidik.

Baca juga  Kecamatan Citangkil Juara Umum MTQ Kota Cilegon

Kedua sosok ini duduk sebagai anggota dewan mewakili Gerindra setelah lolos pada pileg 2019 lalu.

Faturohmi duduk di parlemen dari Dapil 3 Grogol-Pulomerak dengan meraih 2.149 suara. Sementara Hasbi Sidik dari Dapil 2 Citangkil-Ciwandan mendapat 3.868 suara.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Cilegon Fatuhromi saat diminta tanggapan menyatakan, dirinya sebagai kader partai mengaku siap tunduk dan patuh dengan pimpinan partai jika ditunjuk menjadi wakil ketua I.

“Sudah tradisi di Partai Gerindra bahwa setiap kader partai harus tunduk dan patuh dengan pimpinan partai. Kami diajarkan di partai harus mengikuti instruksi tersebut,” ujarnya usai paripurna.

Senada dengan Fatuhrohmi, anggota DPC Partai Gerindra Cilegon Hasbi Sidik menyatakan sama. Anggota dewan dua periode ini menyatakan siap jika dipercaya partai duduk di kursi pimpinan menggantikan Sokhidin.

“Sebagai kader kalau dipilih oleh partai harus siap. Saya sih pengennya mengalir begitu aja. Dan sudah lumrah kalau diminta oleh partai juga. Intinya, apapun yang diminta oleh partai, anggota harus tunduk dalam intruksi dan aturan tersebut,” tegas Hasbi.

Baca juga  Baru Dibuka, Pasien OTG Corona di Rusunawa Margaluyu Kota Serang Tembus 6 Orang

Sementara, Ketua Gerindra Cilegon Sokhdin mengungkapkan, hingga saat ini DPC belum membahas pergantian dirinya ke partai. Meski belum ada pembahasan, semua kader Gerindra memiliki peluang untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Cilegon.

“Siapapun berhak dan berpeluang untuk mengantikan posisi saya. Kelima anggota partai berhak mengajukan ke saya sebagai wakil ketua DPRD. Teknisnya, mereka (anggota) mengajukan dulu ke saya, barulah nanti saya mengajukan ke DPP sehingga dari DPP yang memproses semua itu. Kekosongan ini harus cepat, mengingat banyak agenda yang akan dilakukan mengingat saya sendiri maju di Pilkada Cilegon,” pungkasnya. (Ully/Red)