Ketua INSA Banten, Agus Sutanto diwawancara. Foto Dokumentasi

CILEGON, SSC – Sekiranya sudah ada 4 nama bakal calon Direktur Utama PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) yang lolos administrasi dan saat ini tengah digodok penetapannya.

Tak dipungkiri, penetapan pimpinan definitif perusahaan BUMD Kota Cilegon ini dinanti sejumlah kalangan pelaku kepelabuhanan di Banten. Salah satunya datang dari Indonesian National Shipowners Association (INSA) Banten.

Ketua DPC Insa Banten, Agus Sutanto menyatakan, Insa sebagai mitra bisnis PCM mempunyai keinginan akan sosok kuat yang memimpin perusahaan jasa pemanduan kapal milik Pemkot Cilegon ini.

Meski penetapan tersebut hak prerogatif Walikota Cilegon Helldy Agustian, kata Agus, Insa yang mewakili pelaku pelayaran di Banten menginginkan pimpinan PCM dapat diduduki sosok yang profesional dan berlatar pengalaman di bidang kepelabuhanan.

Baca juga  KONI Cilegon Ungkap 8 Cabor Binaannya Terindikasi Berkegiatan Fiktif

Sosok seperti itu, kata Agus, adalah sosok yang tepat menduduki kursi pimpinan PCM. Karena selama ini, Pemkot Cilegon mempunyai keinginan besar mewujudkan Pelabuhan Warnasari.

“Sebagai pengguna jasa, kami berharap siapapun yang menduduki jabatan di PCM bisa segera mewujudkan Pelabuhan Warnasari,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (16/7/2021).

Memang, kata Agus, sosok yang profesional dan berpengalaman di bidang kepelabuhan sangat dibutuhkan PCM seiring dengan rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari sampai saat ini masih berproses. Artinya aambil menunggu Pelabuhan Warnasari terbangun, figur yang memimpin nanti bisa berkreativitas menghasilkan pendapatan perusahaan dari sisi bisnis lainnya.

“Tentu yang namanya bisnis pelabuhan tidak serta merta langsung menghasilkan income. Oleh karena itu dibutuhkanlah orang yang mengerti soal bisnis pelabuhan. Sehingga sambil menunggu income utama dari pelabuhan, ada kreatifitas yang lain yang bisa menghasilkan income dari yang lainnya yang tentu tidak lepas dari urusan kepelabuhanan,” paparnya.

Baca juga  KONI Cilegon Ungkap 8 Cabor Binaannya Terindikasi Berkegiatan Fiktif

Ia berharap, siapapun nanti ditunjuk oleh Walikota Helldy bisa betul-betul datang dari sosok profesional dan paham tentang luar dalam bisnis kepelabuhanan.

“Tentu orang yang mengerti betul soal kepelabuhanan atau punya background pendidikan kepelabuhanan dan punya track record pernah mengelola bisnisnya sendiri,” pungkasnya.

Diketahui, dalam tahapan seleksi terbuka direksi dan komosaris PT PCM terdapat 4 nama yang masuk bursa bakal calon direktur utama. Diantaranya, I Made Aditya Wibawa, Muhammad Willy, Mulyadi dan Yudi Zartika Agusta. (Ronald/Red)