Kepala Desa Tanjungmanis terpilih, Agus Fauzi. (Foto Istimewa)

SERANG, SSC – Agus Fauzi terpilih menjadi Kepala Desa Tanjungmanis dalam perhelatan Pilkades 2021 di Kabupaten Serang. Ia setelah terpilih berjanji akan berkomitmen memajukan perekonomian Desa Tanjungmanis, salah satunya dengan mengambil langkah strategis mengatasi persoalan pengangguran.

Agus menyatakan, akan menekan pengangguran dengan mengupayakan masyarakatnya dapat terserap bekerja di industri sekitar.

“Disekitar desa kami ini kan banyak industri, saya berupaya agar masyarakat bisa terserap untuk bekerja di industri,” ujarnya, Selasa (9/11/2021).

Agus yang juga Ketua Komunitas Pengusaha Anyer mengungkapkan, upaya mengatasi persoalan pengangguran akan dilakukan dengan mengadakan kerja sama industri dengan SMA/SMK diwilayahnya. Selama ini, kata dia, industri membutuhkan calon tenaga kerja yang mumpuni.

Baca juga  Komunitas Difabel di Cilegon Butuh Perda Pelindungan Disabilitas

Maka dari itu, kerjasama tersebut dilakukan untuk mempersiapkan lulusan SMA/SMK berkeahlian sehingga bisa terserap industri serta memberi kesempatan membuka lapangan kerja baru.

“Selama ini kan untuk memenuhi pasar kerja, calon pekerja harus memiliki keahlian. Dengan kerjasama dengan industri, kita harapkan bisa mencetak tenaga yang handal. Para lulusan ini dengan bekal keahlian itu bisa juga membuka lapangan kerja baru di desa kami,” ungkapnya.

Selain mengatasi pengangguran, Agus dalam membangun kemajuan desa akan mengembangkan potensi yang ada. Karena rencana tata ruang wilayah (RTRW) Desa Tanjungmanis ditetapkan sebagai desa kawasan penyangga industri.

“Kita punya potensi pertanian dan pemukiman. Bila melihat RTRW, potensi itu bisa diperluas, kita tumbuhkan perekonomiannya dengan menjadikan area perdagangan,” pungkasnya.

Baca juga  Tembok Penahan Tanah di Cupas Kulon Grogol Ambrol

Sekedar diketahui, Agus Fauzi menang dalam perhelatan Pilkades Tanjungmanis. Dia menang dengan perolehan 688 suara menggungguli empat calon kades lainnya termasuk calon petahana. (Ronald/Red)