Sebanyak 432 calon jamaah haji kloter 43 diberangkatkan untuk ibadah di tanah suci Mekkah. Keberangkatan dilaksanakan di Kantor DPRD Cilegon, Kamis (30/5/2024). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Sebanyak 432 jamaah pada kloter 43 haji asal Kota Cilegon dijadwalkan akan pulang dari tanah suci ke Indonesia pada 12 Juli 2024 pada pukul 19.15 WIB.

Demikian disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Kota Cilegon Rahmatullah, Selasa (25/6/2024). Ia mengatakan, di tahun ini keluhan penyakit yang diderita oleh jamaah haji mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sejauh ini hanya 1-2 jamaah haji saja yang mengeluhkan sakit. Rata-rata hanya sakit pusing dan panas. Jadi di tahun ini, keluhan sakit yang diderita oleh jamaah haji di tahun ini menurun dibandingkan di tahun lalu,” kata Rahmatullah kepada Selatsunda.com.

Rahmatullah menambahkan, tiba di tanah air, para jamaah haji ini akan di tempatkan di asrama haji milik Provinsi Banten yang ada di Cipondoh sebelum pulang ke Kota Cilegon.

Baca juga  Pelaku Pembunuhan Penyanyi Kapal di Merak Cilegon Ditangkap

“Alhamdullilah di tahun ini Provinsi Banten memiliki asrama haji yang ada di Cipondoh. Jadi kemungkinan jamaag haji dari kabupaten/kota prov banten akan ditempatkan di asrama haji Cipondoh sebelum pulang ke Kota Cilegon. Tiba di tanah suci, para jamaah haji langsung diperiksa kesehanya oleh tim medis,” tambahnya.

Kata Rahmatullah, meski kondisi di tanah suci alami panas yang cukup ekstrim namun belum ada informasi jika ada jamaah yang meninggal dunia.

“Semoga tidak ada jamaah asal Cilegon yang meninggal dunia ketika tiba ke tanah air,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk gelombang ke-2 kloter 64 dijadwalkan akan tiba di tanah air pada 19 Juli 2024 pada pukul 21.00 WIB.

Baca juga  Anggota Komisi III DPR Dimyati Puji Kinerja Walikota Cilegon Helldy Agustian

“Sejauh ini kami akan koordinasi dengan pihak Bandara Soekarno Hatta agar Pak Walikota Cilegon (Helldy Agustian) bisa menyambut para jamaah haji di Bandara,” pungkasnya. (Ully/Red)