Kendaraan diperiksa petugas Polres dan Kodim Cilegon saat hendak masuk Pintu Gerbang Tol Merak, Kota Cilegon, Sabti (19/10/2019). Foto Istimewa

CILEGON, SSC – Kepolisian Resort (Polres) Cilegon bersama Kodim 0623 Cilegon melakukan patroli dan penyekatan di Pelabuhan Merak, Sabtu (19/10/2019) mulai pukul 20.00 WIB untuk mengantisipasi mobilisasi massa ke arah Jakarta jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Selain pelabuhan, pengamanan juga dilakukan personel di tiga gerbang pintu tol di Cilegon.

Kapolres Cilegon, AKBP Rizky Agung Prakoso mengatakan, ada 4 lokasi yang menjadi fokus pengamanan di Kota Cilegon untuk mengantisipasi pergerakan massa ke Jakarta. Keempat titik diprioritaskan di Gerbang Tol Cilegon Timur, Cilegon Barat, Pintu Tol Merak dan Pelabuhan Merak. Pengamanan melibatkan 132 personel gabungan.

Dalam patroli dan penyekatan itu, kata Kapolres, kendaraan yang mengarah ke Jakarta diperiksa baik yang akan melalui jalan tol dan kendaraan penumpang di Pelabuhan Merak.

“Kita patroli secara terbuka, kendaraan roda dua, roda empat, kendaraan berat di beberapa titik-titik. Pertama di Gerbang tol cilegon timur kita cek, untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta. Setelah itu kita ke Cilegon Barat, Gerbang Tol Merak dan terakhir di Pelabuhan Merak,” ujar Kapolres.

Petugas periksa barang di salah satu kendaraan bus di Pelabuhan Merak

Pemeriksaan kendaraan tidak dilakukan menyeluruh. Personel memeriksa secara selektif dengan cara pendekatan persuasif.

“Kita selektif saja, tidak semuanya. Kira-kira yang berpotensi, kita setop. Kita tanya, kita periksa baik-baik,” terangnya.

Sejauh ini dalam patroli dan penyekatan tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Kondisi masih aman dan terkendali. Pengamanan, kata Kapolres masih tetap dilakukan mulai saat waktu pelaksanaan sampai berakhir pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

“Sementara tidak ada, sementara aman. Kita jaga warga yang akan ke Jakarta. Yang jelas, tidak ada kita temukan hal-hal yang menonjol. Ini masih kita lakukan sampai pelantikan selesai,” tuturnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here