KPU Kota Cilegon mengadakan rapat koordinasi terkait ersiapan penetapan titik lokasi kampanye dan titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (22/11/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mulai melakukan persiapan penetapan titik lokasi kampanye dan titik pemasangan alat peraga kampanye (APK) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini dilakukan dengan mengadakan rapat koordinasi dengan Pemkot Cilegon dan sejumlah pihak di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (22/11/2023).

Ketua KPU Kota Cilegon, Patchurrohman mengatakan, pihaknya dalam menentukan titik lokasi untuk kampanye sebelumnya telah melakukan survei. Dari hasil survei tersebut, pihaknya telah menentukan 12 titik lokasi.

“Ada 12 titik dipilih untuk kampanye rapat umum di masing-masing kecamatan. Totalnya ada 12. Nanti akan kita pilih kelayakan dan lain-lainnya, kemarin sudah disurvey oleh Kepala Divisi Parmas dan pihak kepolisian dan ada perwakilan dari pemerintah untuk nilai kelayakan akses dan keamanan dari titik tersebut,” ungkapnya usai rakor.

Baca juga  Jadi Tuan Rumah POPDA XII Banten 2026, Kota Cilegon Pasang Target Juara 1

“Titik tersebut nanti akan digunakan jenis kampanye rapat umum,” sambungnya.

Patchurrohman mengungkapkan, dalam penentuan titik lokasi kampanye ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Pertama aspek kelayakan, kemudahan akses dan keamanan.

“Pertama kelayakan tempat, tempatnya layaklah. Tanah diinjak nggak jeblos. Kedua, aksesnya agak mudah dan ketiga terkait dengan pengamanan,” paparnya.

Ia menyatakan, kedua belas titik yang ditetapkan sementara tersebut akan diminta penilaiannya dari Pemkot Cilegon.

“Sementara ada 12 yang sudah ada dan nanti kita meminta penilaian dari pemerintah daerah untuk direkomendasi ke KPU terkait titik tersebut,” terangnya.

Sementara, Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM pada KPU Kota Cilegon, Nunung Nurjanah menambahkan, pihaknya belum menetapkan titik lokasi kampanye karena berkaitan dengan perizinan dan hal lainnya. Namun jika nanti telah menetapkan titik lokasi kampanye, pihaknya akan melakukan tahapan sosialisasi ke partai politik.

Baca juga  Penyelundupan Benih Lobster Diungkap Lanal Banten, 77 Ribu Ekor Diamankan

“Rencana kita setalah hasil koordinasi dengan pemerintah daerah, kita akan mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi kepada partai politik. Setelah ada penentuan, kita juga akan menyampaikan. Selain itu juga kita meminta parpol segera memberikan tim petugas pelaksanaan kampanye kepada KPU,” terangnya. (Ronald/Red)