Jurnalis Parlemen Cilegon (JPC) mengadakan pelatihan jurnalistik di SMK YPWKS Kota Cilegon, Rabu (13/12/2023). Tampak Ketua DPRD Kota Cilegon yang juga pembina JPC, Isro Mi'raj memberi sambutan saat kegiatan. (Foto Ronald/Selatsunda.com)

CILEGON, SSC – Program jurnalis mengajar ke sekolah merupakan program rutin tiap tahun yang digelar Jurnalis Parlemen Cilegon (JPC). Forum wartawan yang berada di DPRD Kota Cilegon ini kembali menggelar pelatihan jurnalistik.

Hari ini, Rabu (13/12/2023), Jurnalis Parlemen Cilegon mengadakan pelatihan jurnalistik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPWKS Kota Cilegon.

Pada kegiatan tersebut hadir Ketua DPRD Kota Cilegon Isro Mi’raj, Kepala Sekolah SMK YPWKS Kota Cilegon, Imam Ashari dan Corsec Corcom PT Krakatau Bandar Samudra (KBS), Adit.

Ketua DPRD Kota Cilegon, Isro Mi’raj menyampaikan kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti dengan serius dan memahami tentang pelatihan jurnalistik yang akan disampaikan.

“Harus diikuti dengan baik, karena banyak orang-orang sukses di Indonesia yang lahir dari seorang Jurnalis. Salah satunya yakni, Ketua Majelis Pmasywaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Susatyo dan Karni Ilyas itukan jebolan UI juga lahir juga dari jurnalis,” kata Isro.

Isro menerangkan, pelatihan jurnalistik yang diberikan tentunya akan banyak memberi manfaat. Di mana banyak ilmu yang diterima para pelajar dari kegiatan tersebut.

Baca juga  8 Kecamatan di Cilegon Diminta Siapkan Anggaran Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota 2024

“Tidak harus jadi jurnalis, tapi seluruh aktifitas atau pekerjaan ada ilmu Jurnalistik. Karena seluruhnya menggunakan ilmu menulis, itulah pokok seluruh ilmu itu adalah menulis dan membaca,” ungkapnya.

Sementara itu, Senior Corporate Communication dan EO PT KBS Aditya Ari Nugroho menjelaskan, kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan JPC sejalan dengan program CSR yang ada di PT KBS.

“Dimana memang pendidikan adalah salah satu yang dituju oleh program CSR PT KBS yang dikolaborasikan dengan temen-temen JPC yang merupakan pelaku langsung dari Jurnalistik,” terangnya.

Adit mengungkapkan, kegiatan pelatihan jurnalistik sangat baik dilakukan untuk pelajar di Kota Cilegon.

“Generasi SMA atau SMK ini merupakan generasi yang kritis yang menuju ke bangku kuliah yang harsu dibekali dengan ilmu dasar-dasar jurnalistik,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMK YPWKS Kota Cilegon, Imam Ashari mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan.

“Kami tidak menyangka sekolah kami di jadikan tempat untuk kegiatan pelatihan Jurnalistik yang dihadiri langsung oleh ketua DPRD Kota Cilegon pak Isro,” katanya.

Baca juga  Besok, Sebanyak 110 Tenaga Honorer Cilegon Dilantik Jadi Tenaga PPPK

Imam berharap, pelatihan jurnalistik ini dapat memberikan manfaat untuk pelajar SMK YPWKS Kota Cilegon dalam menata masa depan. “Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk anak-anak kami dan bisa menjadi semangat para pelajar di SMK YPWKS untuk belajar lebih giat lagi,” paparnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik, Adi Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada SMK YPWKS yang telah memberi kesempatan kepada JPC untuk mengadakan pelatihan jurnalistik. Ia berharap, pelatihan jurnalistik dapat memberikan banyak manfaat bagi para pelajar.

“Semoga pelatihan jurnalistik yang kami laksanakan, ada transfer ilmu yang kita berikan kepada adik-adik kita dan bermanfaat kedepannya,” harapnya.

Untuk sekedar diketahui, pelatihan Jurnalistik yang dilakukan JPC di SMK YPWKS Kota Cilegon itu merupakan pelatihan jurnalistik ketiga yang diselenggarakan JPC. Sebelumnya, pelatihan yang sama juga pernah dilakukan JPC di Madrasah Aliyah Yayasan Al-I’Anah Kota Cilegon pada 13 Desember 2022 dan di aula DPRD Kota Cilegon pada Tahun 2021 yang seluruh pesertanya adalah pelajar dan mahasiswa yang ada di Cilegon. (Ully/Red)