Kapal Penyeberangan KMP Mutiara Berkah I Terbakar di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (6/9/2023). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Kapal Penyeberangan, Mutiara Berkah I yang sandar di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, terbakar Rabu (6/9/2023). Seluruh penumpang dan kru kapal yang berjumlah 139 orang telah dievakuasi dan dilaporkan selamat.

“Alhamdulillah seluruh ABK serta penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat,” ungkap Kepala KSOP Kelas I Banten, Capt. Hermanta dalam keterangan tertulis yang diterima Selatsunda.com.

Hermanta menjelaskan, Kapal Mutiara Berkah 1, jenis Roro, GT.32645, tahun pembuatan 2003, berbendera Indonesia, dengan Nakhoda Willem Dikson Kaliwuge tersebut terbakar saat sedang sandar dan tengah memuat kendaraan dengan rute Merak – Panjang, Lampung.

Ia mengungkapkan saat menerima laporan kejadian tim aksi cepat langsung berkoordinasi terkait penggunaan mobil kesehatan dan mobil crane untuk menjemput seluruh penumpang dari dek anjungan.

Baca juga  Pilkada 2024, KPU Kota Cilegon Mulai Rekrut PPK dan PPS

“Kemudian langsung menghubungi dan mengkoordinasikan kapal tunda untuk melakukan pemadaman dari sisi laut. Menghubungi mobil pemadam yang berada di TUKS Banten dan berkoordinasi langsung dengan walikota Cilegon untuk mendapatkan bantuan kendaraan pemadam dari kota Cilegon,” terangnya.

Selain itu, pihaknya terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan semua unsur pelabuhan dalam melakukan upaya memadamkan api.

“Jika terjadi situasi yang membahayakan pelabuhan, kami akan melakukan pemindahan kapal ke daerah yang aman agar tidak mengganggu aktivitas kapal lainnya,” jelasnya.

“Kami akan terus memberikan informasi terbaru sehubungan dengan kejadian ini. Keselamatan dan pemadaman yang efisien adalah prioritas utama kami. Kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang terlibat dalam penanganan kebakaran ini,” pungkasnya. (Ronald/Red)