CILEGON, SSC – Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menghadiri Safari Ramadan di Mako Direktorat Kepolisian Air (Polair) Polda Banten, Kamis (31/5/2018). Dalam sambutan, Kapolda menyampaikan, personil di jajarannya perlu membangun sinerji dengan seluruh elemen masyarakat. Sekalipun diakui memiliki keterbatasan personil, sinergitas itu sangat penting untuk selalu dibangun oleh pihaknya.

“Kami sangat menyadari Polri tak bisa berdiri sendiri. Dengan berbagai tantangan yang ada, sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat sangat penting,” ujar Kapolda.

Kehadiran elemen masyarakat pada Safari Ramadan di Ditpolair, dinyatakan Kapolda, adalah salah satu bentuk dukungan yang diberikan kepada aparat kepolisian di Banten. Artinya, silaturahmi yang dibangun ini dapat menjadi langkah bersama dalam menjalin dan merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini adalah wujud lain dari kerukunan yang ada, ini sangat penting karena dengan kerukunan persoalan apapun akan bisa diatasi. Karena dari dulu bangsa kita dikenal memiliki rasa persatuan dan kesatuan, tanpa itu sulit untuk kita menghadapi kompetisi dengan negara-negara lain,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda juga tak lupa untuk terus mengimbau agar seluruh elemen masyarakat dapat mewaspadai adanya upaya-upaya provokasi dari kelompok tertentu. Upaya itu harus ditanggulangi bersama terlebih memasuk sejumlah momentum nasional baik pileg dan pilpres 2019, Asian Games dan mudik Lebaran.

Menurut Kapolda, nelayan di Banten mempunyai peran penting dalam mendeteksi tindakan kejahatan yang dimaksud. Sebagai bagian dari satu elemen, nelayan dapat bekerjasama dan bermitra dengan Ditpolair dalam mendeteksi tindak kejahatan secara dini serta menanggulanginya secara bersama.

“Polairud ini juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjaga wilayah perairan di Banten yang harus dapat terpantau dengan baik. Polairud juga tidak bisa bekerja sendiri. Kerja sama dengan nelayan sangat penting, karena nelayan bisa menjadi mata, telinga bagi kita untuk mengawasi masuknya kelompok tertentu, kejahatan dan narkoba di wilayah perairan,” pungkasnya.

Hadir dalam Safari Ramadan mendampingi Kapolda yakni Wakapolda Banten, Kombes Pol Tomex Kurniawan, Dirpolair Polda Banten, AKBP Nunung Syaifuddin dan para pejabat tinggi lain Polda Banten. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?