Ilustrasi (fotografis Selatunda.com)

CILEGON, SSC – Salah satu kru kapal berinisial LM yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Pakistan dinyatakan terkonfrimasi Covid-19 (Virus Corona). Pasien MR diketahui positif terjangkit virus dari hasil pemeriksaan PCR test di Bandara Soekarno Hatta saat hendak pulang kenegaranya.

Kepala Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon Dana Sujaksani memaparkan, keberadaan WNA positif Covid-19 yang merupakan kapten kapal ini mulanya diketahuo menyandarkan kapalnya untuk bongkar muatan BBM di Depo PT Pertamina, Kota Cilegon, Jumat (26/6/2020) lalu.

Sebelum turun dari kapal, kata Dana, seluruh kru kapal diperiksa oleh petugas KKP (Kantor Kesahatan Pelabuhan) Banten. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas KKP, kru kapal dinyatakan negatif Covid-19 dan akhirnya diizinkan untuk turun dari kapal. WNA tersebut sebelum pulang kenegaranya
menginap di The Royale Krakatau Hotel selama 3 hari.

Baca juga  Diduga Rem Blong, Truk Pengangkut Cairan Kimia Terguling di SPBU Grogol

Saat itu, agen kapal yang mengurus WNA tersebut meminta untuk PCR test sebelum pulang ke negara Pakistan, tempat dia berasal. Kapten kapal tersebut pada, Sabtu (27/6/2020) kemudian melakukan PCR test di Laboratorium Kimia Farma.

Pada Selasa (30/6/2029), WNA tersebut saat akan pulang kenegaranya lewat Bandara Sorkarno Hatta, Tangerang, kata Dana, yakin hasil PCR test negatif meski hasilnya belum keluar. Saat dalam pemeriksaan di Bandara Soeta, warga asing tersebut dinyatakan positif Corona.

“Dia merasa pede hasil PCR di Laboratorium Kimia Farma, temapt dia test PCR, hasil negatif Corona. Lalu dia dan diurus agen kapal pergi ke Bandara Seokarno Hatta, Tangerang Banten. Tiba di bandara, hasil PCR menyatakan pasien positif Covid-19. Kebetulan, pesawat yang akan ke Qatar di cancel oleh pihak maskapai kapal. Oleh pihak agen kapal, dengan dia positif Covid-19 dibawa kembali menginap di hotel The Royal Krakatau,” kata Dana kepada awak media di kantor BPBD Cilegon,” Kamis (2/7/2020).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

Lebih lanjut, Asda III ini mengungkapkan pada Rabu (1/7/2020) kemarin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon langsung membawa WNA tersebut ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta untuk dilakukan isolasi mandiri.

“Kami sudah membawa dia ke Wisma Atlet, Jakarta, untuk dilakukan isolasi mandiri. Selama menginap di hotel, WNA ini tidak pernah berkontak langsung dengan karyawan maupun petugas hotel. Yang mengurus semuanya ada di agen kapal,” paparnya.

Sementara, Corporate Secratary KIEC Saeful Rochman saat dikonfirmasi tentang hal itu enggan menanggapinya.

“Nanti saya hubungi mba lagi yah. Saya lagi rapat dulu,” pungkasnya. (Ully/Red)