CILEGON, SSC – Ratusan kendaraan di Tol Tangerang – Merak mengatre panjang hingga kilometer 96. Kondisi itu terjadi lantaran volume kendaraan pemudik yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak, Cilegon mengalami peningkatan.

“Jadi di dalam tolnya sekitar 96.500 sekarang ini. Semenjak pukul 23.00 WIB, lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta tinggi. Sehingga kita coba berusaha mengurangkan antrean di cikupa. Di Cikupanya kita maksimalkan karena ke arah pelabuhan Merak cukup besar,” ungkap Manajer Lalu Lintas PT. Marga Mandala Sakti, Rahmat dikonfirmasi, Minggu (10/6/2018).

Dari data dan analisa MMS, kendaraan yang mengantre di dalam tol mencapai sekitar 400 kendaraan.

“Saat ini tercatat 400 kendaraan yang mengantre sampai kilometer 96. Artinya, volume kendaraan dari gerbang tol merak itu, 40 kendaraan permenit,” paparnya.

Hingga saat ini, sambung Rahmat, rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan ke pintu tol cilegon barat masih belum diperlukan. Bilamana perlu maka pihaknya akan mengambil langkah berkordinasi dengan Polda Banten.

“Kalau kemungkinan dikeluarkan, kita sangat berkoordinasi dengan polda. Jadi memang kita akan bersepakat, antrean ke arah merak itu, kemungkinan kita akan tahan didalam tol. Karena kalau dikeluarkan tol, kemungkinan akan beradu dengan pemudik kendaraan bermotor, ” tandasnya.

Hingga pukul 01.20 WIB, volume kendaraan yang melewati gerbang tol Cikupa dari arah Jakarta menuju Merak sudah cenderung menurun. Dengan kondisi itu, diprediksi volume kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak juga akan menurun.

“saya perlu update bahwa sementara pengamatan di cikupa sudah mulai tidak ada antrean. Artinya, kemungkinan antrean kendaraan di gerbang tol merak berkurang seiring dengan arah kendaraan di cikupa juga berkurang, ” tandasnya (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?