Plt Ketua DPD Partai Berkarya Cilegon Kubu Muchdi PR, Evi Silvi Yuniatul Hayati menyerahkan SK penetapan Berkarya Cilegon kepada KPU Kota Cilegon, Senin (10/8/2020). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) Partai Berkarya Kota Cilegon Kubu Muchdi PR, Evi Silvi Yuniatul Hayati menyatakan jika Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Cilegon Helldy Agustian-Sanuji Pentamarta masih berpeluang untuk tetap maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon pada 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini dikatakan Silvi mempertimbangkan hasil elektabilitas dan popularitas yang telah dicapai Partai Berkarya dan PKS. Kedua partai, kata dia, juga telah menjalin komunikasi yang cukup panjang.

“Semua kepastian pasti berubah. Namanya politik pasti sifatnya tak akan tetap. Artinya? Tapi, saya (Plt) DPD Berkarya Cilegon sangat berharap, syukur-syukur PKS masih berkoalisi dengan Partai Berkarya. Sebab, jika dilihat dari sisi elektabilitas, popularitas, koalisi Partai Berkarya dan PKS sudah dibangun cukup lama. Intinya, kita kembali lagi kepada personality dari semua pihak dalam hal ini,” kata Silvi ditemui usai menyerahkan SK DPD Kota Cilegon ke KPU Kota Cilegon,” Senin (9/8/2020).

Sampai saat ini yang diketahui pihaknya, kata Silvi, Partai Berkarya memiliki kader pejuang yang luar biasa. Bahkan, Partai Berkarya juga memiliki patner partai politik yakni, PKS yang tidak diragukan lagi hingga berkoalisi di perhelatan Pilkada Cilegon. Baginya meski ada pergantian pimpinan dan kepengurusan di internal, hal tersebut dianggap biasa.

“Kalau pergantian kepemimpinan itu biasa-biasa aja. Tinggal diteruskan aja yang sudah ada. Yang namanya politik, hari ini saya ngomong gini, nanti bisa berubah lagi. Saya menjabat sebagai Plt tidak ada niatan apa-apa. Saya hanya menyelematkan Partai. Saya juga sampaikan kepada semua orang, ayo datang ke kita. Lanjutkan perjuangan lagi. Kita harus ciptakan perubahan di Kota Cilegon,” ujar Silvi.

Silvi mengaku, semenjak mendapat SK ditetapkan sebagai Plt Ketua Berkarya Cilegon sudah melakukan komunikasi politik dengan Helldy Agustian (Mantan Ketua DPW Berkarya Banten). Helldy dianggapnya sebagai saudara. Tidak hanya Helldy, komunikasi dengan Bacalon lain yang mengusung perubahan juga dilakukannya.

“Saya sampaikan beliau (Helldy Agustian) bukan rival namun saudara. Dan perlu diingat jika yang mengusung konsep perubahan saya menggandeng Helldy, Iye atau Mumu. Tapi bisa jadi nanti Helldy Agustian dan Iye Iman Rohiman maju di Pilkada Cilegon. Tapi semua itu dinamis kapan pun bisa berubah,” ujarnya.

Ia menyatakan, meski pihaknya mendukung Helldy Agustian maju di Pilkada Cilegon, Partai Berkarya tetap akan melakukan penjaringan calon kepala daerah.

“Kita cuman ada waktu hanya 15 hari untuk membuka penjaringan. Yang jelas, kami tetap mendukung Pak Helldy maju di Pilkada Cilegon. Setelah dilakukan penjaringan calon walikota dan wakil walikota Cilegon, barulah kita akan persiapan di tanggal 4-6 September mendatang untuk pendaftaran ke KPU Cilegon,” terang Silvi.

Terkait dengan kedatanganya ke KPU Cilegon bermaksud untuk menyampaikan SK Plt Ketua DPD Partai Berkarya Cilegon Kubu Muchdi PR yang baru saja dikeluarkan oleh Kemenkumham.

“Karena ini amanah dari DPW, jadi seluruh Plt di DPD udah bisa berkoordinasi dengan KPU. Adapun SK yang saya serahkan ke KPU ini, merupakan SK DPW yang dikeluarkan oleh DPP, kemudian dari SK DPP turun ke DPW dan dari DPW turun ke DPD. Dalam payung hukum Kemenhummam, untuk menonaktifkan pengurus lama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Berkarya Banten Kubu Hutomo Mandala Putra, Helldy Agustian saat dihubungi melalui telepon genggam belum bisa terkonfirmasi. (Ully/Red)