KMP Tribuana I menjalani uji sandar kapal di dua pelabuhan baik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Belum lama ini. (Foto Istimewa)

CILEGON, SSC – Kapal Penyeberangan yakni KMP Tribuana I melakukan uji coba sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Merak, Kota Cilegon. Uji coba dilaksanakan agar KMP Tribuana dioperasikan setelah sebelumnya sempat lama vakum.

Diketahui uji coba sandar KMP Tribuana I dilaksanakan selama dua hari mulai dari Senin – Selasa (16-17/10/2023).

Kepala Seksi Sarana pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten pada Kementerian Perhubungan, Ihwan Prihanto mengatakan, KMP Tribuana I diuji coba agar dapat dioperasikan di lintasan Penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

“Uji sandar ini dilakukan untuk kesesuaian kapal dan fasilitas dermaga,” ungkapnya, Rabu (18/10/2023).

Ihwan mengatakan, sebagaiamana pengoperasian kapal-kapal yang melayani lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni, setiap kapal harus mengantongi ijin operasi dengan terlebih dahulu menjalani uji sandar dan bongkar kapal di pelabuhan. Ia menyatakan, KMP Tribuana I selama dilakukan uji coba sandar berjalan dengan lancar.

Baca juga  Tiga Pelaku Narkoba Antar Pulau Ditangkap Polisi Cilegon, 2 Kilogram Sabu Diamankan

“Hasil uji coba nanti dinilai Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,” terangnya.

KMP Tribuana I, kata dia, bukan merupakan kapal baru. Kapal tersebut merupakan kapal lama dan saat ini akan dioperasikan setelah ada akuisisi.

Ia menyatakan, KMP Tribuana I memiliki 6.186 Gross Tonase dengan kapasitas mengangkut kendaraan campuran sebanyak 150 kendaraan.

“Kapal sekarang ada 65 kapal. Itu yang siap dioperasikan, namun ada yang docking juga. Jadi bukan penambahan, kapal itu dari perusahaan lama yang sekarang beroperasi kembali setelah akuisisi,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Trimas Grup di Merak-Bakauheni, Anto Mei Suryono mengatakan, uji coba sandar dilakukan selama dua hari. Uji sandar pertama dilakukan di Dermaga 3, Senin (16/10/2023). Sementara uji coba sandar kedua dilakukan di Dermaga 4 pada Selasa (17/10/2023).

Baca juga  Pansus Raperda RPJPD Bedah Total Pembangunan Kota Cilegon di 2025-2045

“Kapal lama tidak beroperasi, docking lama, akhirnya dijual ke Trimas Grup,” ungkapnya.

Anto menyatakan, dengan adanya KMP Tribuana I, kapal Trimas Grup berjumlah 5 kapal yang melayani di Lintasan Penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni.

“Trimas Grup kan sebelumnya ada 5 kapal, ada 1 kapal yang pindah lintasan. Dengan tambah Tribuana, menjadi 5 kapal lagi,” tuturnya.

Anto berharap, dengan telah berhasilnya uji coba sandar KMP Tribuana I diharapkan dapat segera beroperasi.

“Kami mengharapkan segera beroperasi, beroperasi sebelum angkutan Natal dan Tahun Baru,” pungkasnya. (Ronald/Red)