Ketua DPW PKS Banten, Sanuji Pentamarta memberi sambutan dalam penadatanganan nota kesepahaman bersama koalisi PKS dan Berkarya mengusung Ketua Berkarya Banten, Helldy Agustian yang diselenggarakan di Gedung Forty, Kota Cilegon, Sabtu (21/3/2020). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Banten, Sanuji Pentamarta menyatakan, koalisi pembaharuan yang baru saja dilakukan oleh Partai Berkarya dan PKS tidak akan memecah penjajakan koalisi yang sebelumnya pernah dibangun dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sanuji menyatakan koalisi pembaharuan yang dibangun PKS dan Berkarya lewat nota kesepahaman bersama sekaligus mengusung Helldy Agustian sebagai Bacalon Walikota Cilegon adalah langkah awal. Kedua partai, kata dia, tetap berkomunikasi dengan parpol lain dan menghormati keputusan masing-masing.

“Tidak ada, tidak ada perpecahan. Kan (PKS dan Berkarya) baru bersatunya sekarang. Tidak ada, insya Allah. Dengan pimpinan partai masih berkomunikasi. Tetapi kita akan menghormati keputusan partai, semuanya,” ujarnya dalam konferensi pers pada penadatanganan kesepakatan bersama Koalisi Pembaharuan antara Berkarya dan PKS di Gedung Forty, Kota Cilegon, Sabtu (21/3/2020).

Pada prinsipnya, kata Sanuji, lobi-lobi antar parpol masih berjalan dinamis. Ia menyatakan, tema pro perubahan yang pernah digaungkan bersama dengan PAN dan PPP masih tetap sejalan dengan yang saat ini dilakukan PKS dan Berkarya.

“Itu dinamis. Pro perubahan tetap, karena tema kita koalisi perubahan untuk Cilegon yang lebih baik. Temanya ketemu disitu, namun tetap dinamis. Komunikasi dengan partai masih, komunikasi dengan PAN masih berkomunikasi. Dengan Gerindra saya masih berkomunikasi, dengan PPP juga tadi pagi berkomunikasi,” terangnya.

Soal keputusan PKS belum mengusung kadernya maju mendampingi Ketua DPW Berkarya Banten, Helldy Agustian, kata Sanuji masih dalam pengkajian. Menurutnya, keputusan kedua partai mengusung Helldy adalah langkah untuk meminta masukan internal partai dan masyarakat terkait sosok yang layak menjadi pendamping. Siapa yang layak mendampingi Helldy akan diputuskan berdasarkan masukan-masukan yang disampaikan masyarakat dan partai.

“Kita ingin satu dulu kita sampaikan ke publik bahwa pak Helldy. Nanti publik memberi masukan. Jadi kami tidak ingin hanya domain PKS, tapi publik juga memberi maskukan. Karena publik bertanya, calon walikotanya siapa? Sekarang sudah terjawab. Nanti kader dan publik akan memberi masukan, ini yang menurut publik calon wakil walikotanya,” tandasnya.

Sebelumnya, empat partai politik baik PAN, Partai Berkarya, PKS dan PPP membentuk koalisi untuk Pilkada 2020 Kota Cilegon. Koalisi awal dengan bentukan nama koalisi perubahan itu mengarah pada rencana mengusung bakal calon walikota dan wakil walikota Cilegon. Koalisi tersebut dilangsungkan di Hotel Horizon, Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Selasa (26/2/2020) malam. Hadir saat itu Bacalon Walikota, Helldy Agustian dan Bacalon Walikota dari PAN, Iye Iman Rohiman.

Selang beberapa hari, perpolitikan di Cilegon kian dinamis. Tak diduga ada kabar, Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta bertemu dengam Iye di salah satu restoran di Kota Serang, Kamis (27/2/2020). Sanuji tidak mengelak bertemu menawarkan Iye menjadi kader karena dinilai sangat potensial mendapat rekomendasi dari PKS. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here