Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga memberi keterangan kepada media terkait kondisi korban laka truk tangki kimia tol Merak, Senin (18/10/2021). Foto Dok Humas Polda Banten

SERANG, SSC – Sebanyak 28 orang yang menjadi korban luka dalam kecelakaan Jalan Tol Tangerang-Merak Kilometer 74, Kota Serang, Kemarin Minggu (17/10/2021) malam dirawat di dua rumah sakit yakni RS Sari Asih dan RSUD Drajat Prawiranegara.

Hingga Senin (18/10/2021) sore tadi sebanyak 6 dari 7 korban dirawat di RS Sari Asih telah diizinkan pulang. Begitu juga 17 dari 21 korban yang menjalani perawatan di RSUD Drajat Prawiranegara telah diizinkan kembali ke rumah masing-masing.

“Kami bertemu dengan humas di rumah sakit (Sari Asih), kita mendapatkan informasi dari 7 korban kecelakaan, sampai sore ini, masih ada satu yg harus di rawat inap, karena mengalami luka pada bagian kepala dan toraks. Enam lainnya secara berangsung-angsur sudah meninggalkan RS Sari Asih,” ujar Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga saat di RS Sari Asih.

Baca juga  Ini Besaran UMK 2022 Yang Ditetapkan oleh Gubernur Banten

“Kemudian dari RSUD Serang, dari 21 penumpang yang mengalami luka, kemudian dirawat, tinggal 4 orang yang masih dalam observasi di ruang IGD. 17 lainnya sudah pulang. Jadi total dari 28 yang luka, 5 harus menjalani perawatan yg intensif, dari kecelakaan yang melibatkan truk tangki bermuatan kimia,” sambungnya.

Shinto menyatakan, dari informasi yang diterima dari dua rumah sakit, kecelakaan yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia dan 28 korban luka-luka bukan dikarenakan terkena zat kimia dari truk tangki. Tetapi murni benturan dalam kecelakaan.

“Dari hasil Informasi yang ada di rumah sakit, kecelakaan menimbulkan korban tidak merupakan ekses terkenanya cairan kimia pada tubuhnya. Tetapi dari terkenanya benda-benda tumpul atau benturan yang ada dalam bus yang ditumpangi oleh para korban ini,” urainya.

Baca juga  Pemkab Serang Bongkar Tujuh THM di JLS Cilegon

Sebelumnya, kecelakaan melibatkan Truk Tangki Kimia, Bus Penumpang dan kendaraan pribadi terjadi di Jalan Tol Tangerang-Merak Kilometer 74.900, Kota Serang, Minggu (17/10/2021). Akibat kecelakaan tersebut, salah satu penumpang bus dilaporkan meninggal dunia.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 21.50 WIB. Saat itu, Truk Tangki Hino bernomor plat B 9879 UFU melaju arah Merak menuju Tangerang. Diduga saat di lokasi kejadian, ban depan kanan truk hino mengalami pecah ban.Truk kemudian hilang kendali dan menabrak median jalan lalu menyeberang ke jalur berlawanan dengan posisi terbalik.

Beberapa saat kemudian melintas Bus Putra Pelangi bernomor plat BL 7519 AA dan Honda Brio B 2985 SOM dari arah Tangerang menuju Merak. Kecelakaan pun tak terhindarkan. Bus yang berusaha menghindar dari truk masuk ke dalam parit sementara Honda Brio menabrak truk. (Ronald/Red)